Tampilkan postingan dengan label Seafood. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Seafood. Tampilkan semua postingan

Resep Ikan Mujahir Bumbu Acar Kuning

Resep Masakan Lauk Pauk Harian | Ikan Mujahir Bumbu Acar Kuning - Untuk melengkapi gizi harian keluarga, salah satu menu lauk-pauk yang pas disajikan sebagai hidangan adalah Ikan Mujahir Bumbu Acar Kuning. Dimana kandungan gizi dan protein ikan mujahir sangat baik untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi tubuh.

Gambar Resep Masakan Ikan Mujahir
Resep Masakan Ikan Mujahir

Adapun resep dan cara membuat masakan Ikan Mujahir Bumbu Acar Kuning yang lezat dan nikmat, ada beberapa bahan bumbu rahasia yang harus digunakan seperti lengkuas, serai, belimbing sayur dan masih banyak lagi. 

Rekomendasi resep lainya:

Bahan dan Bumbu:
  • 500 gr ikan mujair
  • 1 butir jeruk nipis
  • 10 buah cabai rawit merah
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 ikat daun kemangi, petik daunnya
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 350 ml air
  • 1 sdt gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 3 buah belimbing sayur, potong bulat

Bumbu yg dihaluskan:
  • 4 butir bawang merah
  • 2 butir kemiri, sangrai
  • ¼ sdt merica butir
  • 2 cm kunyit
  • 1 cm jahe

Cara Memasak Ikan Mujahir Bumbu Acar Kuning:
  1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis, biarkan selama 10 menit. Bilas.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, lengkuas dan serai hingga harum dan matang. Tuang air, masak hingga mendidih. Tambahkan gula pasir dan garam, aduk rata.
  3. Masukkan ikan, belimbing sayur dan cabai rawit. Masak hingga ikan matang. Matikan api. Masukkan daun kemangi aduk rata. Angkat.
  4. Sajian dengan nasi putih hangat sangat cocok untuk Ikan Kuah Acar Kuning ini, semoga resep di atas bisa menjadi pilihan saat memasak. Selamat mencoba :)

Resep Masakan Praktis Kerang Saus Asam Pedas Super Lezat

Aneka Resep Masakan Seafood - Selain rasanya yang lezat, kerang juga memiliki kandungan protein tinggi lho.. Pas banget untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Nah, untuk pengolahan praktisnya dimasak tumis kerang asam pedas aja biar enak. Bahan dan bumbu masakan yang dipakai juga sederhana banget, seperti ini nih resepnya.
Resep Masakan Kerang Asam Pedas
Resep Masakan Kerang Asam Pedas

Bahan-bahan:

  • 400 gr kerang tanpa kulit
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan hingga agak hancur

Bumbu iris:

  • 4 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 3 buah cabai rawit
  • 2 buah cabai merah
  • 2 batang daun bawang
  • 1 buah tomat

Bumbu saus:

  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm saus sambal
  • 2 sdm saus tomat
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • garam dan gula secukupnya

Cara Memasak Kerang Saus Asam Pedas:

  1. Tumis bumbu iris hingga harum kecuali tomat dan daun bawang, masukkan daun salam dan lengkuas, tumis hingga harum.
  2. Masukkan kerang dan tumis sebentar bersama bumbu. Masukkan bumbu saus, merica, garam dan gula secukupnya. Tuang air kurang lebih 200 ml. Masak hingga mendidih. Terakhir masukkan tomat dan daun bawang, masak hingga air berkurang sehingga bumbu meresap. 
  3. Tumis kerang asam pedas siap sajikan bersama nasi hangat.

Resep Cumi Pedas Bumbu Kemangi Spesial Lezaattt

Resep Hari Ini | Cara Memasak  Cumi Pedas Bumbu Kemangi - Pengen makan yang enak-enak untuk menu hari ini? Coba deh masak cumi seperti ini, dijamin nagih!. Cumi-cumi merupakan salah satu jenis seafood yang memiliki daging yang gurih serta rasanya yang nikmat dan lezat, apalagi dimasak dengan bumbu pedas yang nikmat. Hemmm, Bikin Laperr..!!.
Gambar Masakan Cumi yang Enak
Resep Cara Memasak Cumi Pedas Bumbu Kemangi Spesial Lezaattt

Kalau ngomongin soal masakan cumi, kali ini Resep Hari Ini punya resep rahasianya nih buat masak cumi pedas yang sangat nikmat. Nggak kalah deh sama masakan cumi ala restoran yang mahal banget, namanya Cumi Pedas Bumbu kemangi. Mau tahu seperti apa resepnya, dan bagaimana cara memasaknya? Seperti ini nih resepnya. 


Bahan :

  • 500 gram cumi-cumi (cuci bersih, buang tintanya dan potong sesuai selera)
  • 100 gram daun kemangi
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 100 ml air
  • Minyak goreng (secukupnya)
  • 3 cm jahe (memarkan)

Bumbu Halus :

  • 9 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 10 buah cabai rawit
  • 3 buah cabai merah besar (buang isi)
  • Terasi (secukupnya)
  • Garam (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)

Cara Membuat Masakan Cumi Pedas yang Enak:

  1. Siapkan semua bahan. Cuci bersih cumi lalu lumuri dengan jeruk nipis, diamkan kira-kira selama 10 menit lalu cuci bersih kembali.
  2. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus hingga harum. 
  3. Masukkan cumi lalu tumis hingga daging terasa kaku serta alot. 
  4. Masukkan jahe yang telah dimemarkan agar cumi tidak amis dan lebih sedap.
  5. Tambahkan air secukupnya dan masak hingga mendidih serta bumbu meresap ke dalam daging cumi.
  6. Tambahkan daun kemangi lalu aduk-aduk hingga daun cukup layu. 
  7. Angkat jika sudah matang dan segera sajikan bersama nasi putih hangat.

Resep Tumis Udang Pedas Manis dengan Bumbu Sederhana

Masakan Hari Ini | Resep Udang Tumis Pedas Manis - Pengen bikin masakan lauk yang enak dan lezat? Coba aja buat olahan udang yang lezat dan mudah seperti masakan udang tumisan pedas manis berikut ini. Cara masaknya juga mudah banget, apalagi bumbu yang dipakai juga sangat sederhana. So, ikuti resep ini yaa.. :)

Link masakan: Resep Bakso Kepiting
Aneka Resep Tumis Udang
Aneka Kreasi Resep Tumis Udang Enak, Praktis dan Sederhana

#Bahan-bumbu Tumis Udang Pedas Manis :

  • 400 gram udang
  • 2 sdt tepung maizena
  • 2 siung bawang putih
  • 1 butir bawang merah, dicincang
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1 sdt jahe parut
  • 1 sdm minyak sayur

#Bahan Saus Tumis Udang Pedas Manis :

  • 1 1/2 sdt saus sambal
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm cuka 
  • 1 sdm madu

#Cara Membuat Tumis Udang Pedas Manis :

  1. Taburi udang dengan tepung maizena, garam, dan lada bubuk.
  2. Campurkan semua bahan saus jadi satu, sisihkan.
  3. Panaskan minyak, tumis bawang putih, jahe, dan bawang merah.
  4. Masukkan udang, goreng hingga berubah warna.
  5. Tuangkan bahan saus hingga rata.
  6. Masak hingga bumbu meresap.
  7. Angkat dan hidangkan.

Selamat memasak, yaa! 

Resep Cara Membuat Bakso Kepiting Goreng

Gambar Resep Bakso Kepiting Goreng
Aneka Resep Bakso Kepiting Goreng Spesial
Resep Spesial Hari Ini - Bakso Kepiting Goreng ini pada umumnya hampir sama seperti resep bakso yang lain. Keunikan dari bakso yang satu ini adalah bahan baku yang diolah yaitu dari kepiting, bukan dari daging ayam ataupun daging sapi. 

Soal rasa, tentu jauh lebih istimewa dan spesial. Pengen tau bagaimana cara membuat bakso istimewa ini? Biar nggak makin penasaran, yuk simak resep rahasianya berikut ini:

Bahan-bahan:
  • 100 gr daging kepiting
  • 50 gr udang kupas
  • 50 gr daging ayam giling
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • ¾ sendok teh garam
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 1 putih telur
  • 100 gr kulit ayam, potong halus
  • ¼ sendok teh gula pasir
  • 75 gr tepung kanji
  • ½ sendok teh baking powder
  • 1 sendok makan daun bawang yang diiris halus

Cara memasak:
  1. Blender kepiting, daging ayam, udang, bawang putih, dan garam sampai lembut dan merata.
  2. Tuang adonan ke dalam baskom, masukkan kulit ayam, tepung kanji, baking powder, dan gula pasir. 
  3. Uleni hingga lembut dan merata. Tambahkan daun bawang dan aduk kembal hingga merata.
  4. Ambil adonan dan bentuk bulat-bulat sebesar bola pingpong.
  5. Setelah itu, goreng dalam minyak panas hingga matang, angkat dan sajikan.

Resep bumbu dan cara membuat bakso kepiting pun selesai dibuat, tinggal kamu praktekin dirumah yaa.. Semoga sukses deh..! Happy masak-masak.. :D

Perlengkapan Dapur & Alat Masak

Trisonic Panci + Teko Set Stainless Steel - 12Pcs

Satu set alat masak yang juga disertai dengan teko air akan sangat membantu bunda dalam mengolah bahan makanan dan minuman untuk disajikan bagi keluarga. Sangat cocok digunakan untuk di rumah ataupun di restoran.
  • Bahan Stainless Steel
  • Gagang Anti Panas
  • Sangat Praktis
Original Price:
RP 550.000
Discount: 48% by UOB
Rp 288.000
Product by:
 
Buy Now
BAYAR DI TEMPAT
Ke banyak kota
PENGIRIMAN
Gratis *
JAMINAN 14 HARI
Barang dapat direturn

Resep Praktis Cara Membuat Ikan Pindang Sambal Cabai Ijo Rumahan

Gurih dan pedasnya bikin nggak nahaannn...! 

Hemm, itulah menu masakan yang akan kita coba buat kali ini bund. Daripada punya ikan pindang dirumah bingung mau dimasak apa kan, terbersit pengen nyoba dibuat Pindang Sambal Cabai Ijo aja yang simpel dan gampang bikinnya.. 

Saya memilih menu ini yang jelas karena cara membuatnya gampang, dan yang pasti bahan dan bumbunya juga simple. Cukup sediain cabe ijo, bawang merah, bawang putih dan bumbu lainya. Cara membuatnya? Nah, bunda bisa lihat detail resep, bumbu dan tutorial cara membuat Pindang Sambal Cabai Ijo seperti dibawah ini yaa.. Tinggal diikutin aja, gampang kok..!


Bahan dan Bumbu Dapur:
  • 5 ekor pindang (cuci bersih, goreng sampai kulit bagian luar kering)
  • Minyak goreng (secukupnya)
  • 15 buah cabai hijau (haluskan)
  • 4 siung bawang putih (haluskan)
  • 5 siung bawang merah (haluskan)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya) 
  • Gula (secukupnya)
  • Daun kemangi (secukupnya) 
  • 3 cm jahe (memarkan)
>> Resep Ikan Vegan Lapis Nori Ala Masakan Restoran Berbintang
Cara Membuat Pindang Sambal Cabai Ijo
  1. Siapkan ikan pindang yang sudah digoreng bersama bumbu-bumbu sambal ijo.
  2. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum bersama cabai ijo. 
  3. Tambahkan garam, kaldu ayam bubuk dan gula lalu tumis hingga harum dan layu serta bumbu matang. 
  4. Masukkan pindang yang telah digoreng sebelumnya ke dalam bumbu lalu tambahkan jahe dan daun kemangi. 
  5. Tumis hingga bumbu rata dan meresap ke dalam pindang. 
  6. Pindang sambal cabai ijo pun siap untuk disajikan bersama nasi putih hangat.

Resep Udang Jamur Saus Pedas Spesial Masakan Rumahan

Gambar dan Foto Resep Masakan Udang Jamur Saus Pedas
Resep Masakan Udang Jamur Saus Pedas | (foto via: IG @anitasrilestari18)
Resep Mudah Cara Membuat Udang Jamur Saus Pedas Spesial - Punya stok udang di freezer bunda? Pengen bikin menu olahan makanan yang super pedas dan enak? Coba deh dibikin tumis udang jamur seperti ini aja. Cara bikinnya simple banget dan nggak terlalu ribet, kok.. Yukk intip resep, bahan, bumbu dan cara membuatnya dibawah ini.. ;)

Bahan-Bahan
  • 500 gram udang
  • 200 gram jamur kancing (bisa direbus dulu sebelumnya)
  • 2 sdm saus sambal
  • 1/2 butir bawang bombay, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 buah cabai merah besar, iris serong
  • 2 buah tomat, potong kecil-kecil
  • 5 buah cabai rawit, iris tipis
  • gula, garam, dan mentega secukupnya
  • air perasan jeruk nipis untuk merendam udang
Cara Membuat
  1. Cuci dan bersihkan udang, rendam dalam air perasan jeruk nipis sebentar. Panaskan wajan, lelehkan mentega, masukkan irisan bawang bombay, bawang putih, tomat,dan cabai. Tumis hingga harum. Masukkan udang dan jamur kancing, tambahkan sedikit air. Tambahkan saus sambal, gula, dan garam secukupnya. Aduk rata dan masak hingga matang.
Selamat memasak, masak bunda! Jangan lupa tetangga juga di bagi yaa... hehe

Resep Sambal Sotong Spesial

Resep Masakan Seafood. Hai buntik..! Bingung punya daging sotong mau dimasak apa? Tenang bund, kamu nggak perlu lagi pusing-pusing  mikirin menu yang susah dan njlimet. Dengan bumbu sederhana dan praktis aja daging sotong udah bisa dimasak menjadi hidangan super lezat. Dibuat apa ya? Yuips.. menu yang bisa bunda buat salah satunya adalah sambal sotong ini. 

Resep Sambal Sotong Spesial

Seperti apa resep lengkapnya dan bagaimana cara membuat atau memasaknya? Selengkapnya bisa bunda simak langkah-langkahnya di bawah ini.


Bahan & Bumbu


Takaran
Sotong, cuci dan buang bagian kotoran dan organ dalamnya

1 ekor

Bawang daun, potong dengan panjang sekitar 2 cm

3 batang

Bawang bombay

1 buah
Asam jawa, rendam dalam 2-3 sdm air panas
1 sdt

Tomat

1 buah
Sambal belacan

1 sdm
Bawang putih cincang

1 sdm
Minyak zaitun/minyak sayur
1 sdm

  
Cara Membuatnya : 

  1. Daging sotong dipotong melintang .
  2. Panaskan minyak di dalam wajan, tumis bawang putih hingga harum, masukkan bawang daun dan bawang bombay. Tumis sampe layu.
  3. Masukkan sambal belacan, potongan buah tomat, dan air rendaman asam jawa.
  4. Masukkan daging sotong, tumis hingga matang.
  5. Siap deh.. Sambal sotong pun siap disantap.

Yummi, mudah dan praktis kan resep sambal sotongnya? Masih berfikir masak itu sulit? Udah nggak jamanya lagi... Yuk belajar masak bareng di blog ini.. :* Salam satu piring ya bund? hehe