Tampilkan postingan dengan label Lauk Pauk. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Lauk Pauk. Tampilkan semua postingan

Cara Memasak Ayam Rica-Rica Kemangi Bumbu Sederhana

Resep Masakan Ayam Rica-Rica Kemangi. Olahan daging ayam ini enak banget lho bunda, dengan bumbu yang sederhana dan apa adanya lauk spesial ini pun bisa dihidangkan. Untuk membuat ayam rica ini saya memakai daun kemangi sebagai penambah aromanya. Jika bunda pengen mencobanya, resep ini mungkin bisa bunda coba..
Resep dan Cara Memasak Ayam Rica-rica Kemangi

Bahan dan Bumbu Masakan Ayam Rica Daun Kemangi:
  • 500 gram ayam, cuci bersih, beri perasan jeruk nipis
  • 10 buah cabe kriting merah
  • 3 buah cabe besar/tanjung
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 jari lengkuas
  • 2 lbr daun salam
  • 2 btg serai
  • 3 ikat daun kemangi, atw sesuai selera. Cuci dan tiriskan
  • Gula dan garam secukupnya 


Proses Cara Memasak Ayam Rica Daun Kemangi :
Resep Ayam Rica-rica

Langkah 1 : Ayam yg telah diberi jeruk nipis dibilas. Kemudian digoreng setengah matang. Sisihkan.

Langkah 2 : Bumbu2 dihaluskan kecuali daun salam, serai, dan lengkuas. Tumis bumbu sampai harum. Masukan serai, daun salam, dan lengkuas. Aduk.
Cara Masak Ayam Rica-rica

Langkah 3 : Masukan ayam, aduk rata. Bila terlalu kering boleh ditambahkan sedikit air. Beri gula dan garam. Aduk, koreksi rasa. Bila sudah agak menyusut dan bumbu agak berminyak matikan apinya. 
Resep Bumbu Ayam Rica-rica

Langkah 4 : Masukan daun kemangi. Aduk lagi sampai daun kemangi menyatu dg bumbu. 
Sajian Ayam Rica-rica

Langkah 5 : Angkat dan hidangkan.

Nah, seperti itu lah bunda bagaimana saya memasak dengan Resep Masakan Ayam Rica-Rica Kemangi. Selamat mencoba yaa.. 

Resep Ayam Goreng Mentega Saus Madu Super Lezat dan Murah

Pernah coba masakan Ayam Goreng Mentega Saus Madu bunda? Masakan ini akan mudah kita jumpai di restoran-restoran oriental dengan banyak perpaduan saos yang bisa bikin lidah bergoyang. Masakan ini memiliki aroma sedap serta citarasa lezatnya sangat tajam. 

Resep dan Cara Membuat Ayam Goreng Saus Madu

Ayam goreng spesial ini dibuat dengan memadukan dua bahan istimewa untuk menciptakan rasa yang spesial, yaitu dengan dua perpaduan mentega dan madu sebagai sausnya. Bunda bisa bikin sendiri ayam goreng saus madu yang lezat dirumah layaknya ayam goreng ala resto oriental, jelas lebih hemat dan murah. Untuk resepnya bunda bisa ikuti panduan resep masakan dibawah ini.


Bahan Masakan Ayam Goreng Mentega Saus Madu:
  • 4 potong paha ayam (bisa diganti dengan bagian ayam lainnya)
  • 2 sdm kecap asin
  • 5 sdm madu
  • 2 sdm saus sriracha (bisa diganti saus sambal bangkok)
  • Wijen, secukupnya
  • ½ biji jeruk nipis
  • 4 biji bawang putih
  • Daun cilantro, iris halus, secukupnya


Cara Membuat Ayam Goreng Mentega Saus Madu:
Resep Ayam Goreng Saus Madu

Langkah Pertama : Bumbui daging paha ayam dengan sedikit garam dan lada.

Langkah Ke-dua : Lalu panaskan penggorengan anti lengket di atas api, beri sedikit minyak (jika ada pakai  olive oil). Goreng ayam hingga kecoklatan. Bolak balik setiap 2 menit.

Langkah ke-tiga : Hasilnya akan kecoklatan seperti di atas pada setiap sisinya. Sisihkan

Langkah Ke-empat : Siapkan saos, campur jadi satu dengan kecap asin, bawang putih cincang, madu, air perasan ½ buah jeruk nipis dan daun cilantro dan tambahkan saos sriracha, aduk hingga tercampur rata.

Langkah Ke-lima : Tuang campuran saos ke dalam gorengan ayam tadi, masak sebentar. Matikan kompor, angkat wajan, pindahkan ke dalam oven lalu panggang dengan suhu 200oC selama 20 menit.

Catataan: Usahakan pan yang bunda pakai itu bisa dimasukkan kedalam oven yaa. Tapi jika tidak bisa, bunda boleh memindahkan ke dalam wadah lain yang tahan panas (oven).

Setelah proses masak memakan waktu sekitar 20 menit, keluarkan ayam dari oven dan beri taburan biji wijen agar tampilan lebih cantik dan rasanya makin gurih. Tinggal sajikan menu makanan lezat ayam goreng mentega saos madu yang barusan dibuat dengan nasi hangat. Dijamin bakal ketagihan deh dengan perpaduan rasa madu dan mentega yang manis gurih nya ayam goreng. 

Resep Cara Masak Cumi Panggang Madu Super Enak dan Lezat

Cara Masak Cumi Panggang Madu Yang Enak - Halo bunda, apa kabar? Oyaa.. Hari ini bunda masak apa yaa.. Kalau saya kebetulan hari ini masak cumi, cuminya saya masak panggang dengan resep kombinasi bumbu dari sahabat di intagram. Daaan, ternyata hasil akhirnya juga luaaarr biasaa nikmat endesss lho bund.. Pokoknya wajib dicoba deh, nah saya memakai resep ini untuk membuat cumi panggang madu yang super duper uenak.. Yuk diintip resepnya! jangan lupa praktekin yaa..
Resep Cara Masak Cumi Panggang Madu Super Enak dan Lezat
Resep Cara Masak Cumi Panggang Madu Super Enak dan Lezat

Bahan:

  • 500 gram cumi ( 3 buah ukuran besar)
  • 1 sdm margarin
  • 1 sdm madu
  • 1 sdt kecap manis
  • Secukupnya garam
  • 1 sdm air asam


Bumbu halus:

  • 4 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah kemiri
  • 1/4 sdt kunyit bubuk
  • 1 sdt ketumbar bubuk


Cara membuat:

  1. Bersihkan cumi, cuci bersih, kerat2 jangan sampai putus
  2. Haluskan bumbu, campur dengan garam, madu, air asam dan kecap manis
  3. Siapkan wadah, masukkan cumi lalu lumuri dengan bumbu halus. Masukkan kulkas diamkan selama 30-60 menit
  4. Panaskan teflon lalu beri 1 sdm margarin, masukkan Cumi, bolak balik sampai matang
  5. Sajikan


Bagaimana bund, Pengen cepet-cepet nyoba Resep Masakan Cumi Panggang Madu? Oke deh jangan nunggu lama-lama, langsung eksekusi dan ikuti panduan cara membuat diatas step by step ya.. Semoga sukses buda, Happy cooking!

Resep dan Cara Membuat Telur Penyet Spesial Pedas

Resep Telur Penyet - Edisi karena bosen makan rendang terus, akhirnya coba iseng bikin masakan yang simple. Akhirnya kebuat juga telur penyet sederhana tapi rasanya sungguh luar biasa lezattt, pedasnya juga nendang banget.. Pokoknya bunda wajib coba deh.. Gampang kok, semua pasti bisa bikin menu seperti ini. 

Gambar Resep Telur Penyet

PANDUAN RESEP DAN CARA MEMBUAT TELUR PENYET 

Bahan:
  • 3 butir telur rebus (buang kulitnya) 
  • 1 buah kentang (potong2)


Bumbu Halus:
  • 15 buah cabai keriting
  • 7 bwg merah
  • 3 bwg putih
  • 1 buah tomat
  • Garam secukupnya


Cara Membuat Telur Penyet :

1. Goreng kentang yg dibalur sedikit garam hingga matang lalu angkat dan sisihkan kemudian tumis bumbu halus. 

2. Penyetkan telur lalu tata dalam wadah bersama kentang goreng, kemudian tuang sambel diatasnya. 

Siap di santap dgn nasi panas 😍. Bagaimana bunda, mudah banget kan Resep dan Cara Membuat Telur Penyet nya.. Buruan coba deh, dijamin maknyuss!

RESEP BAKED FISH IN MUSHROOM SAUCE

RESEP BAKED FISH IN MUSHROOM SAUCE - Yang doyan ikan dan mau coba variasi baru, mari merapat!
Ini bikinnya gampang banget. Hasilnya juga endang gulindang. Bisa dimakan dengan roti, kentang, atau nasi. Semua pasti suka 😋. Resep ini terinspirasi dari resep dapurnya sahabat IG @icha.tayibnapis

BAKED FISH IN MUSHROOM SAUCE

Untuk 4 porsi

Bahan:

  • 4 potong fillet ikan berdaging putih (saya pakai red snapper)
  • 1 buah jeruk lemon 
  • Garam dan bubuk lada hitam secukupnya 
  • 300 ml susu cair 
  • 100 ml air matang 
  • 1,5 sdm tepung terigu + 4 sdm air matang
  • 1/2 sdt bubuk kaldu sayur
  • 100 gr jamur kancing kalengan, tiriskan, belah dua 
  • 1 genggam daun peterseli, cincang .


Cara Membuat:

1. Panaskan oven 200 Celcius. Alasi baking tray dengan kertas roti. Lumuri ikan dengan air jeruk lemon. Taburi garam dan bubuk lada hitam. Diamkan 15 menit. Lalu panggang dalam oven selama 30 menit hingga ikan matang sempurna. Matikan oven.

2. Buat saus. Tuang susu dan air pada panci. Panaskan dengan api kecil hingga mulai mendidih. Masukkan potongan jamur. Lalu masukkan larutan tepung. Aduk rata hingga saus mulus tanpa gumpalan tepung. Tambahkan garam, bubuk lada hitam, dan kaldu sayuran. Aduk rata. Rebus hingga saus mengental. Matikan api.

3. Tuang saus jamur pada piring saji. Letakkan fillet ikan panggang di atasnya. Beri taburan daun peterseli cincang. Sajikan selagi panas. .

Resep Telur Kukus Sayuran Enak dan Praktis

Resep Hari Ini - Nih bun ada resep ciamik kreasi baru buat yang bosen sama telur dadar dan pengen nyoba bikin menu yang lain. Telur sayuran kukus.... Digoreng bisa langsung dimakanpun bisa... 😊😊 harus nyoba bun endozzz bingitz.. Klo yg suka.. 😁😁 Ini Resepnya..

Resep Telur Sayuran Kukus
Resep Telur Sayuran Kukus Enak dan Praktis

Bahan dan Bumbu:

  • Telur 3butir
  • Wortel 2bh iris tipis
  • Daun bawang rajang 
  • Daun Seledri rajang
  • Kol rajang halus
  • Cabe iris bulat
  • Penyedap rasa
  • Terigu 2sdm

Cara Membuat Telur Sayuran Kukus:

  1. Kocok telur.. Masukan semua bahan jadi satu, lalu Adik rata.. 
  2. Masukkan adonan keloyang atau mangkok plastik.. Tapi sebelumnya olesin minyak biar tidak lengket.. 
  3. Kukus slma 20 menit... Jadi dech.. Simple bund

Resep Ayam Krispi Saos Pedas

Resep Ayam Krispi Saos Pedas - Apa kabar bunda? Semoga bunda dalam keadaan sehat selalu yaa.. Oya, rasanya udah lama banget nih tidak berbagi resep dengan bunda di blog ini. Maklum banyak kesibukan pekerjaan ofline yang gak bisa disambi. Sepertinya resep terakhir yang saya tulis kemarin Resep Kue Cara Khas Ambon Enak dan Lezat yaa.. Emm, Mumpung ada kesempatan curi-curi waktu buat nulis resep baru yang bisa bunda coba juga. 

Resep Ayam Krispy Saus Pedas
Resep Ayam Krispy Saus Pedas / copyright: www.recipe30.com

Disini saya akan membuat Ayam Krispi Saos Pedas dengan resep yang sangat simpel dan mudah. Seperti apa resepnya dan bagaimana cara membuat Ayam Krispi Saos Pedas yang enak dan nikmat? Oke deh, langsung eksekusi saja yukk..

Bahan :
  • 2 potong dada ayam tanpa tulang
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 butir telur, pakai putihnya saja
  • 1 buah bawang pre
  • 4 buah daun bawang, potong halus kecil-kecil
  • 1 buah bawang merah, iris halus
  • 1 buah lombok hijau, dipotong tipis-tipis
  • 2 buah lombok merah, dipotong tipis tipis
  • 2 sdm kecap asin
  • 1 sdt gula palm
  • ½ sdt jahe parut
  • Garam
  • Lada


Cara Membuat Ayam Krispi Saos Pedas:
  1. Potong tipis-tipis daging dada ayam. Kemudian campurkan dengan sedikit garam, lada, parutan jahe dan 1 sdm kecap asin aduk rata dan sisihkan dahulu.
  2. Potong daun pre memanjang tipis-tipis. Goreng sebentar sampai kering kecoklatan. Angkat daun pre, sisihkan.
  3. Potong tipis cabe merah besar, cabe hijau besar dan daun bawang. Sisihkan
  4. Untuk saosnya; Dalam mangkok terpisah masukkan kecap asin, sedikit air dan gula palm, diaduk hingga rata. Sisihkan dahulu.
  5. Tambahkan tepung maezena dan putih telur ke dalam wadah yang berisi ayam bumbu tadi, aduk semua hingga tercampur rata.
  6. Siapkan wajan, beri minyak secukupnya dan goreng daging ayam sampai matang kecoklatan dan terlihat krispi di kulitnya. Setelah kecokelatan angkat dan tiriskan minyak dari dari daging ayam. Sisihkan terlebih dahulu.
  7. Panaskan wajan, beri minyak bekas menggoreng daun pre tadi, masukkan bawang merah, cabe hijau dan cabe merah dan daun bawang yang tadi sudah dipotong tipis-tipis. Tumis sampai layu, tambahkan 1 siung bawang putih cincang, dan saos yang sudah kita campur tadi, aduk rata
  8. Lalu tambahkan ayam goreng krispinya, masak sampai bumbu tercampur rata.
  9. Sajikan di atas piring dan beri taburan bawang pre goreng. 


Yumm…..Dengan hadirnya Resep Ayam Krispi Saos Pedas ini dijamin akan membuat suasana makan siang kamu semakin nikmat. Ayo, segera dicoba ya.

Resep Tumis Ikan Peda Tomat Petai Lezat Spesial Ramadhan

Resep Masakan Harian | Resep Masakan Tumis Ikan Peda Tomat Petai - Ramadhan kali ini lebih spesial dari ramadhan sebelumnya.. Yups, karena puasa kali ini punya banyak waktu bersama keluarga dirumah. Rutinitas masak masak masih tetep, bisa dibilang malah tambah sibuk didapur.. 

Saking banyaknya permintaan menu yang harus diolah untuk menu buka puasa dan menu makan sahur yang berbeda, kadang bikin pusing sendiri menu apa yang harus dimasak.. 

Seperti kemarin, saya lebih memilih memasak Tumis Ikan Peda Tomat Petai yang saya rasa sangat simpel dan mudah untuk menu makan sahur keluarga.

Resep Tumis Ikan Peda
Resep Tumis Ikan Peda Tomat Petai Lezat Spesial Ramadhan

Resep dan Cara membuat Tumis Ikan Peda Tomat Petai ini menurut saya sangat sederhana, disini saya memakai bahan bumbu rahasia berupa bawang merah, bawang putih, cabai rawit, daun salam, lengkuas, tomat, dan juga petai. Untuk cara membuatnya hanya cukup dengan menumis saja. Jika kamu ingin memasak menu masakan ini, kamu bisa mencoba dengan resep dan cara memasak seperti dibawah ini..

Bahan-bahan Baku Tumis Ikan Peda Tomat Petai:
  • 4 ekor ikan peda
  • 100 gr petai (bisa diganti petai cina)
  • 5 buah tomat hijau, iris tipis


Cara Memasak Tumis Ikan Peda Tomat Petai Super Lezat:
  1. Goreng ikan peda dan siangi, buang kepala dan semua tulangnya.
  2. Tumis bumbu iris hingga harum, masukkan daun salam dan lengkuas. Tumis lagi hingga harum.
  3. Masukkan ikan peda, tomat dan petai. 
  4. Tambahkan sedikit air, masukkan gula dan garam secukupnya. Tes rasa. Masak hingga sedap dan air berkurang.


Bumbu Rahasia Tumis Ikan Peda Tomat Petai:
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 4 buah cabai rawit, iris tipis (jumlahnya sesuai selera)
  • 2 buah cabai merah, iris tipis
  • 1 lembar daun salam
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • gula dan garam secukupnya
  • air secukupnya


Tumis ikan peda tomat petai cina siap sajikan untuk menu sahur yang menggugah selera. Selamat mencoba yaa.