Harga Terbaru 2016

Tampilkan posting dengan label Jajanan Pasar. Tampilkan semua posting
Tampilkan posting dengan label Jajanan Pasar. Tampilkan semua posting

Resep Sempol Ayam Wortel, Kreasi Resep Masakan Hari Ini

Resep Cara Membuat Sempol Ayam Wortel - Sempol adalah cemilan yang lagi ngehits beberapa waktu belakangan ini. Sebagai bahan pengetahuan buat kamu, Jajanan pasar ini merupakan kuliner khas yang berasal dari Malang, Jawa Timur.  Sempol memang mempunyai rasa yang unik, enak dan sangat gurih, tak heran jika makanan ringan ini banyak digemari masyarakat. 


Untuk membuat cemilan Sempol yang enak sebenarnya tak terlalu rumit, cara membuatnya hampir mirip-mirip seperti membuat cimol, bakso, atau yang lainya, hanya saja bumbu yang dipakai sedikit berbeda. 

Nah, buat kamu yang pengen mencoba resep membuat Sempol yang enak dan lezat bisa ikuti resep berikut ini. Disini, Resep Masakan Hari Ini mengkreasikan dengan resep sempol ayam wortel yang super lezat untuk kamu coba sendiri di rumah, Selamat Mencoba ya..!

Bahan Baku Sempol:


  • 9 sdm tepung tapioka
  • 1 sdm tepung terigu
  • 250 gram daging ayam fillet
  • 1 butir telur
  • 1/2 batang wortel, parut
  • 1 batang daun bawang
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula
  • jeruk nipis
  • 1/2 sdt merica
  • tusuk sate
  • minyak untuk menggoreng


Bumbu halus Untuk Membuat Sempol:


  • 3 siung bawang putih goreng
  • 3 sdm bawang merah goreng


Bahan Pelapis Sempol:


  • 1 butir telur kocok lepas


Cara Membuat Sempol Yang Enak dan Lezat:

  1. Cuci bersih ayam dan kucuri dengan jeruk nipis.
  2. Haluskan daging ayam dan wortel serta bumbu halus dengan food processor. Jika tak ada bisa pakai blender.
  3. Campurkan sisa adonan lain dengan adonan ayam yang sudah dihaluskan.
  4. Aduk rata dan koreksi rasa.
  5. Lilitkan adonan pada tusuk sate.
  6. Rebus sempol selama 5-8 menit sampai matang dan tiriskan.
  7. Panaskan minyak goreng.
  8. Celupkan sempol dalam kocokan telur.
  9. Goreng sampai matang.
  10. Angkat dan sempol siap disajikan.


Makanan ringan khas Malang ini sangat pas dijadikan sebagai camilan saat sore hari sambil menonton TV atau kumpul dan bincang santai bersama keluarga. Yuk masak..!

Resep Cireng Bumbu Rujak Super Pedass

Aneka Cemilan Lezat | Resep dan Cara Membuat Cireng - Doyan makan cireng? Cemilan murah meriah ini emang punya rasa yang lezat dan nikmat, wajar jika banyak orang suka dengan cemilan khas Indonesia ini. Sebenarnya untuk membuat seporsi cireng itu tidak susah, kamu cukup menyediakan bahan-bahan yang sangat sederhana cemilan cireng yang sehat dan lezat pun sudah bisa kamu olah jadi panganan yang uenak. Dari pada belikan, mending bikin sendiri aja.. Nih saya kasih resepnya..
Resep Cireng Bumbu Rujak.JPG
Resep Cireng Bumbu Rujak Super Pedass

Bahan-bahan untuk Membuat Cireng:


  • 250 gr tepung tapioka
  • 1 sdm tepung tapioka
  • 250 ml air panas
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt penyedap rasa
  • 2 batang daun bawang, cincang
  • minyak goreng


Bumbu Rujak Untuk Cireng:


  • 5 buah cabai rawit (secukupnya)
  • 1 sdm gula merah
  • 1 buah asam jawa
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt terasi
  • 70 ml air panas


Cara membuat Cireng Yang Enak dan Lezat:


  1. Campurkan tepung dengan daun bawang, bawang putih, garam dan penyedap rasa.
  2. Tuang air panas sedikit demi sedikit sambil mengaduk adonan hingga rata dan jadi adonan padat dan kalis.
  3. Jumput dan gulung di atas tepung tapioka kering, pilih-pilin dan goreng hingga matang. Lakukan hingga habis.
  4. Haluskan bumbu rujak, tuang air dan aduk rata. Siapkan penggorengan, rebus bumbu rujak hingga mengental.

Resep Kue Jongkong, Cemilan Enak Khas Surabaya

Aneka Jajanan Pasar Hari Ini | Resep Cara Membuat Kue Jongkong Surabaya - Ada cemilan enak khas Surabaya yang bisa bunda coba nih sebagai menu pengganti cemilan bunda, namanya Kue Jongkong Surabaya. Hemm, rasanya enak banget lho.. Sekilas mirip kue lapis sih.
Resep Cara Membuat Kue Jongkong Surabaya Yang Enak
Resep Cara Membuat Kue Jongkong Surabaya Yang Enak
Kue Jongkong ini dibuat dari bahan tepung terigu, tepung kanji, gula pasir, kelapa parut, santan dan bahan-bahan lainya. Cara bikinya sederhana banget kok, dan kalau bunda kepingin tau bagaimana cara membuat kue Jongkong Surabaya yang enak, dibawah ini ada resep lengkapnya sebagai panduan masak bunda.. Coba yukk!

Bahan Kue Jongkong Surabaya: 

  • 250 gram tepung beras
  • 150 gram tepung kanji
  • kelapa parut halus
  • 200 gram gula pasir
  • 800 ml santan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 100 ml air abu merang
  • pasta pandan secukupnya

Cara Membuat Kue Jongkong Surabaya Yang Enak :

  1. Campur tepung beras, kanji, gula pasir, dan santan sedikit demi sedikit. sampai tidak berbutir-butir.
  2. Bagi adonan menjadi dua bagian. Satu bagian masukkan pasta pandan, satu bagian lagi dicampur dengan air abu. L
  3. Kukus adonan selapis demi selapis bergantian dalam loyang ukuran 18x18x7cm
  4. Setelah adonan habis, kukus kembali 30 menit. Angkat dan dinginkan kemudian potong-potong. Hidangkan kelapa parut kukus

Dari takaran resep dan bahan kue Jongkong diatas, bisa dibuat untuk 30 potong kue lho bunda.. Hemm Yummi banget!

Resep Sawut Singkong | Jajanan Pasar Tradisional Warisan Kuliner Nusantara

Masakan Hari Ini | Cara Membuat Sawut Singkong - Negara kita tercinta INDONESIA ternyata serba "Kaya" ya bund, nggak ada negara manapun yang bisa nyamain negeri Nusantara tercinta ini. Mulai dari sumber daya alamnya kita kaya, jumlah kepulauannya kita kaya, Jumlah propinsinya juga kaya, budayanya pun kita kaya, apalagi jenis kulinernya.. Wuuuiihhh Kaya banget! 
Sawut Singkong | Jajanan Pasar Tradisional
Sawut Singkong | Jajanan Pasar Tradisional [foto IG: @hanhanny]

Nusantara nan indah ini punya seabrek jenis kuliner khasnya yang berbeda-beda (Istilahnya ke-BHINEKAAN dalam kuliner), kalo dibahas satu-persatu kuliner khas Indonesia pasti banyak banget, bayangin deh dari Sabang sampai Meuroke ada berapa banyak masakan khasnya? Duhh!. 

Contohnya saja kalau di daerah Jawa Tengah dan Jogja ada kuliner khas namanya Sawut Singkong, Jajanan pasar ini merupakan kuliner Tradisional yang saat ini mulai tersingkirkan oleh makanan-makanan modern. Bicara soal Sawut Singkong, yuk kita buat dan lestarikan jajanan pasar tradisional ini sebagai wujud kepedulian kita terhadap warisan kuliner leluhur kita. Seperti ini resepnya..

Bahan-bahan Sawut Singkong:

  • 500 gr singkong, cuci bersih serut kasar
  • 150 gr gula merah/jawa, haluskan
  • 1 sdt garam
  • 3 lembar daun pandan
  • kelapa parut secukupnya

Cara membuat Sawut Singkong:

  1. Singkong serut dicampur dengan garam, aduk rata.
  2. Siapkan panci pengukus. Susun singkong, tabur gula merah dan pandan di atas singkong. Kukus hingga matang, atau kurang lebih selam 15 menit.
  3. Kukus juga kelapa parut kurang lebih 10 menit.
  4. Siap deh, sajikan sawut singkong yang manis dan hangat dengan taburan parutan kelapa. 

Nah, dengan cara inilah kita bisa ikut andil dalam melestarikan kekayaan budaya Indonesia agar tidak tergerus oleh arus kemajuan jaman, dan sebagai wujud cinta kita terhadap kuliner Nusantara. 

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *