Tampilkan postingan dengan label Cemilan. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Cemilan. Tampilkan semua postingan

Resep Anyang Mangga Muda - Nyeter Lambee 😍😍😍😍

Anyang Mangga Muda - Haii bunda, beberapa hari yang lalu kebetulan dirumah lagi banyak buah mangga. Bingung sih mau dibikin apa, dan kalo dibuat Lotis mangga udah bosen. Ehh gak sengaja pas buka Intagram ada yang share Anyang Mangga Muda, duh kayaknya ueenakk banget, daaannn.. Dan tanpa nunggu ini-itu langsung praktek bikin menu itu.. Hasilnya gak mengecewakan, ueenak dan seeger tenan bun.. Bikin nagih pokoknya..

Gambar Anyang Mangga Muda

Nah, buat bunda yang pengen nyobain juga boleh kok.. Seperti ini nih resep yang aku pakai hasil recook ala sahabat IG @fitrie.kitchen 😍😍😍 seger banget lhoo... 

Bahan:
  • Mangga 2 buah yg mengkal ptg2
  • Garam
  • Terasi sikit jee
  • Gulmer 1 sdm
  • Madu -+2-3 sdm
  • Cabe rawit 6 buah
  • Cabe merah4-5 buh
  • Air -+1/2 gelas


Cara Membuatnya:
  1. cuci bersih mangga n tiriskan ulek cabe merah,,rawit,,terasi ,,gulmer ,,garam ,,,,kemudian masukkan ke dalam wadah.
  2. Beri air n madu ,,aduk2 ,,,,cicipi rasa ,,simpen dulu dikulkas ,,udah dingin br di maem πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒnyeter lambee

Resep Kol Gulung Isi Ayam Udang Istimewa

Resep Hari Ini - Bingung mau masak apa hari ini? Tenang bunda, sekarang nggausah lagi bingung soal menu apa yang harus dimasak. Karena di blog resep ini sudah kumplit banget menu-menu keren yang bisa dicoba. Bunda bisa coba resep Kol Gulung Isi Ayam Udang untuk menu hari ini, rasanya dijamin muantap dan cara bikin nya juga tidak terlalu rumit, dan yang pastinya makanan ini sehat banget.. Cobain langsung yukk..

Resep Kol Gulung Isi Ayam Udang
Resep dan Cara Membuat Kol Gulung Isi Ayam Udang

Bahan :
  • 1 buah kol

Bahan Isian :
  • 100 gr daging ayam
  • 80 gr udang, kupas kulitnya
  • 1 butir telur
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdm tepung maizena
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt saus tiram
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt garam (bisa diganti dengan kaldu bubuk Alsultan NON MSG, serta rendah garam cocok untuk Anda yang sedang mengurangi garam)

Cara Membuat Kol Gulung Isi Ayam Udang Yang Enak dan Mudah:
  1. Cincang halus ayam dan udang atau jika Anda bisa menggunakan food processor jika memilikinya.
  2. Campur irisan ayam udang dengan 1 butir telur, bawang putih, maizena, gula pasir, saus tiram, merica bubuk dan garam (Alsultan). Aduk rata.
  3. Koreksi rasa dengan cara merebus atau menggoreng sedikit adonan, jika sudah sesuai sisihkan.
  4. Siapkan beberapa lembar kol, pilih yang lebar. Celupkan kol sebentar di dalam air mendidih hingga layu.
  5. Beri isian adonan ayam udang yang sudah dibumbui, gulung. Lakukan hingga semua bahan habis.
  6. Kukus selama kurang lebih 20 menit atau hingga matang.


Dalam proses penyajianya bunda bisa menyajikan Kol Gulung Isi Ayam Udang ini dengan saus kacang.. Yummmi lezatnya..!! Selamat mencoba yaa.. :)

Resep Kue Cara Khas Ambon Enak dan Lezat

Resep dan Cara Membuat Kue Cara Isi Ikan Tongkol Khas Ambon.


Resep Kue Cara Khas Ambon - Yang sudah pernah nyoba pasti ketagihan dengan rasa nya Kue Cara khas Ambon πŸ‘πŸ‘ Di tambah lagi dengan abon ikan yang super duper Lezat πŸ‘πŸ‘πŸ‘ So pasti kamu bakal tambah ketagihan πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„ Berikut ini adalah Resep dan Cara Membuat Kue Cara Isi Ikan Tongkol Khas Ambon.


Bahan kulit:

  • 1 gelas belimbing tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1 sdm mentega
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm gula 
  • 2 ½ gelas air atau santan cair. 
  • Campur semua bahan aduk rata sampai kental sisihkan 

Bahan isi:

  • 1 ekor ikan tongkol sedang (dikukus & di suir)
  • 1/2 gelas santan kental.
  • 1 sdt jintan halus
  • 1 sdm ketumbar halus
  • Garam, merica dan gula secukupnya.
  • Haluskan:
  • 5 siung bawang putih
  • 8 butir bawang merah
  • 5 buah cabe keriting
  • 2 buah serai ambil putihnya iris2.
  • 5 cm lengkuas iris2.



  1. Tumis bumbu halus sampai harum dan matang. Masukkan ikan tongkol suir. Aduk sampai bumbu tercampur rata.
  2. Masukkan santan kental aduk rata. Setelah itu masukan jintan, ketumbar, lada, garam dan gula. Aduk smpai tercampur rata,,
  3. Masak sampai agak mngering,,angkat,,
  4. Panaskan cetakan carabikang, olesi mentega. 
  5. Tuang 1 sendok sayur adonan kulit, berikan satu sendok makan isi ikan cakalang. 
  6. Hiasi dengan irisan cabe dan daun seledri, tutup. Panggang hingga matang.

Resep Crepes Krispi Cokelat Teflon, Cemilan Lezat di Sore Hari

Resep Cara Membuat Crepes Krispi Cokelat - Setelah kita kemarin membahas Resep dan Cara Membuat Risoles Mayonaise Anti Gagal, sekarang kita coba membuat cemilan yang beda. Yups, kita akan membuat Crepes Krispi Cokelat super garing yang enak buat cemilan sore. Seperti apa resep dan bagaimana cara membuatnya? Simak deh resepnya dibawah ini biar tidak kelamaan praktek.. :)

Crepes Krispi Cokelat
Resep Crepes Krispi Cokelat Super Garing


Bahan-bahan Crepes Krispi :

  • 8 sdm tepung beras
  • 3 sdm tepung terigu
  • 4 sdm tepung maizena
  • 2 sdm susu kental manis
  • 1 butir telur
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • 5 sdm gula pasir
  • susu cokelat atau nutella untuk isian
  • air secukupnya

Cara membuat Crepes Krispi Cokelat Teflon:

  1. Campur semua bahan seperti tepung, gula garam, dan vanili bubuk, aduk merata. Tuangkan air sedikit demi sedikit sembari diaduk hingga jadi adonan kental tidak bergerindil.
  2. Masukkan telur dan juga susu manis, aduk rata sampai menjadi adonan yang tidak terlalu kental tapi tidak terlalu cair.
  3. Siapkan teflon dengan api kecil agar tidak gosong. Tuang adonan tipis saja, ratakan hingga satu teflon. Isi dengan susu cokelat atau nutella. 
  4. Tunggu hingga kecokelatan. Balik adonan saat sudah mulai keras.

Angkat crepesnya yang sudah separuh kaku dan sajikan di piring dengan toping sesuai selera kamu. Saat sudah dingin, crepes akan mengeras dengan sendiri. Selamat masak dan selamat menikmati ya.. ;)

Lihat resep cemilan lain : 


Resep dan Cara Membuat Risoles Mayonaise Anti Gagal

Resep dan Bumbu Risoles Mayonaise - Ada beberapa pertanyaan yang masuk di inbox fb @masakanharian, menanyakan bagaimana sih cara membuat risoles biar nggak pecah saat digoreng? Dan apa saja resep bumbu yang harus digunakan kok pas beli risoles kebetulan dapet yang rasanya enak banget, beda kayak yang biasanya?

Resep Risoles Yang Enak
Resep Cara Membuat Risoles Yang Enak Anti Gagal

Baiklah bunda, untuk menanggapi pertanyaan diatas ada beberapa hal yang harus dilakukan. Salah satunya adalah bahan untuk membuat kulit risoles harus benar-benar pas komposisinya agar bisa rapat dan tidak pecah saat digoreng. Nah, bunda bisa coba membuat risoles dengan Resep Risoles Mayonaise Anti Gagal seperti berikut ini. Silahkan dicoba ya..

Alat Yang Harus Disiapkan

Jika ingin membuat olahan risoles, alat yang perlu bunda siapkan adalah teflon. Teflon ini gunanya yaitu untuk membuat kulit risoles biar lebih gampang. Selain itu juga masih bisa digunakan untuk membuat jenis masakan yang lain.

Nah, kalau bunda pengen hasil yang sempurna, coba deh pakai Teflon AH Cookware Set. Kalau belum punya, beli deh..! Harganya murah kok, sekitar 60 ribuan untuk 3 buah teflonya. Bunda bisa BELI DISINI biar lebih hemat.

Bahan Kulit Risoles :

  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 butir telur
  • 1 sdm margarin cair
  • garam secukupnya
  • air secukupnya (sekitar 300ml)
  • merica bubuk secukupnya

Bahan Isian Risoles :

  • mayonaise mayumi
  • telur rebus
  • smoked beef
  • saus sambal pedas

Bahan Lapisan Luar :

  • 1 butir telur
  • 1 ons tepung roti

Cara Membuat Kulit Risol:

  1. Campur semua bahan kulit risol sampai benar-benar tercampur rata. Kemudian diadon agak encer.
  2. Panaskan teflon,olesi dengan minyak.
  3. Tuang adonan kulit risol secukupnya dari pinggiran teflon, bukan dari tengah teflon, miring2kan teflonnya untuk memperlebar kulit
  4. Setelah dirasa sudah cukup matang sisihkan,
  5. Ulangi cara nomer  3 sampai adonan habis

Cara Membuat Risol yang Enak dan Anti Gagal :

  1. Tata telur rebus, smoked beef mayonaise dan saus sambal diatas kulit risol, kemudian bungkus
  2. Celupkan risol ke dalam telur yang telah dikocok
  3. Balut risol yang sudah dicelupkan kedalam telur kocok dengan tepung roti
  4. Terakhir, goreng risoles hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat.

Dari resep risol diatas bunda bisa membuat 8-10 lembar kulit risol, resep dan cara membuat Risoles Mayonaise Anti Gagal ini merupakan yang paling mudah dan simple. Semoga bisa diikuti ya bunda.. Selamat Masak..!

Resep Sempol Ayam Wortel, Kreasi Resep Masakan Hari Ini

Resep Cara Membuat Sempol Ayam Wortel - Sempol adalah cemilan yang lagi ngehits beberapa waktu belakangan ini. Sebagai bahan pengetahuan buat kamu, Jajanan pasar ini merupakan kuliner khas yang berasal dari Malang, Jawa Timur.  Sempol memang mempunyai rasa yang unik, enak dan sangat gurih, tak heran jika makanan ringan ini banyak digemari masyarakat. 


Untuk membuat cemilan Sempol yang enak sebenarnya tak terlalu rumit, cara membuatnya hampir mirip-mirip seperti membuat cimol, bakso, atau yang lainya, hanya saja bumbu yang dipakai sedikit berbeda. 

Nah, buat kamu yang pengen mencoba resep membuat Sempol yang enak dan lezat bisa ikuti resep berikut ini. Disini, Resep Masakan Hari Ini mengkreasikan dengan resep sempol ayam wortel yang super lezat untuk kamu coba sendiri di rumah, Selamat Mencoba ya..!

Bahan Baku Sempol:


  • 9 sdm tepung tapioka
  • 1 sdm tepung terigu
  • 250 gram daging ayam fillet
  • 1 butir telur
  • 1/2 batang wortel, parut
  • 1 batang daun bawang
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula
  • jeruk nipis
  • 1/2 sdt merica
  • tusuk sate
  • minyak untuk menggoreng


Bumbu halus Untuk Membuat Sempol:


  • 3 siung bawang putih goreng
  • 3 sdm bawang merah goreng


Bahan Pelapis Sempol:


  • 1 butir telur kocok lepas


Cara Membuat Sempol Yang Enak dan Lezat:

  1. Cuci bersih ayam dan kucuri dengan jeruk nipis.
  2. Haluskan daging ayam dan wortel serta bumbu halus dengan food processor. Jika tak ada bisa pakai blender.
  3. Campurkan sisa adonan lain dengan adonan ayam yang sudah dihaluskan.
  4. Aduk rata dan koreksi rasa.
  5. Lilitkan adonan pada tusuk sate.
  6. Rebus sempol selama 5-8 menit sampai matang dan tiriskan.
  7. Panaskan minyak goreng.
  8. Celupkan sempol dalam kocokan telur.
  9. Goreng sampai matang.
  10. Angkat dan sempol siap disajikan.


Makanan ringan khas Malang ini sangat pas dijadikan sebagai camilan saat sore hari sambil menonton TV atau kumpul dan bincang santai bersama keluarga. Yuk masak..!

Resep Cireng Bumbu Rujak Super Pedass

Aneka Cemilan Lezat | Resep dan Cara Membuat Cireng - Doyan makan cireng? Cemilan murah meriah ini emang punya rasa yang lezat dan nikmat, wajar jika banyak orang suka dengan cemilan khas Indonesia ini. Sebenarnya untuk membuat seporsi cireng itu tidak susah, kamu cukup menyediakan bahan-bahan yang sangat sederhana cemilan cireng yang sehat dan lezat pun sudah bisa kamu olah jadi panganan yang uenak. Dari pada belikan, mending bikin sendiri aja.. Nih saya kasih resepnya..
Resep Cireng Bumbu Rujak.JPG
Resep Cireng Bumbu Rujak Super Pedass

Bahan-bahan untuk Membuat Cireng:


  • 250 gr tepung tapioka
  • 1 sdm tepung tapioka
  • 250 ml air panas
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt penyedap rasa
  • 2 batang daun bawang, cincang
  • minyak goreng


Bumbu Rujak Untuk Cireng:


  • 5 buah cabai rawit (secukupnya)
  • 1 sdm gula merah
  • 1 buah asam jawa
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt terasi
  • 70 ml air panas


Cara membuat Cireng Yang Enak dan Lezat:


  1. Campurkan tepung dengan daun bawang, bawang putih, garam dan penyedap rasa.
  2. Tuang air panas sedikit demi sedikit sambil mengaduk adonan hingga rata dan jadi adonan padat dan kalis.
  3. Jumput dan gulung di atas tepung tapioka kering, pilih-pilin dan goreng hingga matang. Lakukan hingga habis.
  4. Haluskan bumbu rujak, tuang air dan aduk rata. Siapkan penggorengan, rebus bumbu rujak hingga mengental.

Resep Martabak Manis Bangka Asli Anti Gagal

Aneka Kue | Resep Martabak Manis Anti Gagal - Bagi masyarakat Bangka, martabak manis ini sudah sangat populer. Selain rasanya yang enak, martabak ini juga legit dan nikmat di lidah lhoo.. Nah, bagi bunda yang pengen nyobain Resep Martabak Manis Bangka Asli bisa dicoba nih resep yang ada dibawah ini.. 
Resep Cara Membuat Martabak Manis Bangka Asli Anti Gagal
Cara Membuat Martabak Manis Bangka Asli Anti Gagal

Untuk membuat Martabak Manis Bangka ini sejatinya tidak ribet banget, kalau bahan-bahan martabak sudah siap semua, paling-paling waktu yang dibutuhkan untuk membuat martabak ini cukup 15 menitan sudah jadi. Oke deh, langsung bikin aja yuk daripada kelamaan..!

Bahan-bahan Mertabak Bangka:

  • 500 gr tepung terigu
  • 4 butir telur ayam
  • 1 sachet susu kental manis
  • 50 gr kacang tanah
  • 1 sdt baking soda
  • 500 cc santan kelapa
  • 2 sdm ragi instan
  • 1 sdt vanili
  • 4 sdm gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 250 gr mentega
  • Meses cokelat secukupnya

Cara Membuat Martabak Bangka Yang Enak dan Lezat :

  1. Campurkan bahan-bahan seperti tepung terigu, garam dan baking powder, santan kelapa dan kocok sampai lembut.
  2. Tambahkan ragi instan ke dalam adonan dan diamkan hingga 1 jam.
  3. Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang, tuangkan ke dalam adonan.
  4. Panaskan cetakan martabak dengan api kecil sambil olesi cetakan dengan mentega.
  5. Tuangkan adonan dan tutup sambil sesekali dibuka untuk melihat tingkat kematangan.
  6. Jika adonan sudah terlihat setengah matang, tambahkan susu kental manis, kacang tanah yang sudah disangrai dan ditumbuk serta taburkan juga meses cokelat yang sudah disiapkan.
  7. Angkat martabak yang sudah matang dari cetakan.
  8. Potong menjadi beberapa bagian sesuai selera.

Nah, simple banget kan proses membuat martabak bangka nya? Terus coba dan asah skill masak bunda, siapa tau dengan terus kita belajar masak bisa jadi peluang usaha yang mampu membantu income keluarga kan. Mimin juga ikut senang jika blog ini bisa bermanfaat buat orang banyak.. Happy Masak ya bunda.. Nyamm.. NYamm..!