Harga Terbaru 2016

Tampilkan posting dengan label Ayam. Tampilkan semua posting
Tampilkan posting dengan label Ayam. Tampilkan semua posting

Resep Masakan Sayap Ayam Bumbu Kecap Pedas Pilihan

Resep Masakan Harian | Resep Masakan Ayam Kecap Bumbu Sederhana - Siapa sih yang nggak suka sama yang namanya masakan olahan daging ayam? Bisa dipastikan hampir semua orang suka dengan masakan daging ayam yaa... 

Bukan hanya daging ayamnya saja yang lembut dan gurih untuk dimasak menjadi lauk yang lezat, sayap ayam pun ternyata enak banget kalau dimasak kecap. Gurihnya sayap ayam ini menjadi masakan kesukaan setiap orang.

Oh iya, ngomongin soal masakan daging ayam dan khususnya sayap ayam, kali ini Resep Masakan Harian punya resep sayap ayam bumbu kecap yang pedas super lezat yang bisa kamu coba. Masakan lauk pauk dengan rasa manis kecap yang kuat, ditambah lagi dengan kombinasi bumbu rempah sederhana yang komplit membuat masakan ini menjadi lebih istimewa.
Resep Cara Membuat Sayap Ayam Bumbu Kecap
Aneka Masakan Sayap Ayam Bumbu Kecap
Untuk membuat masakan lauk pauk sederhana ini bahan dan bumbu yang digunakan juga sangat simple. Proses dan cara membuatnya juga sangat praktis, nggak ribet dan cukup hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat. Selengkapnya mengenai resep dan cara membuat masakan sayap ayam bumbu kecap yang enak dan lezat bisa kamu lihat pada resep berikut ini..

Jika kamu pengen membuat lauk pauk sayap ayam yang enak dan lezat, Cara Membuatnya cukup mudah kamu hanya perlu melakukan langkah seperti ini:
  1. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum (kecuali, garam, gula, kaldu ayam bubuk dan kecap).
  2. Masukkan daun jeruk, daun salam, serai, jahe dan lengkuas. 
  3. Masukkan sayap ayam ke dalam bumbu lalu aduk rata. 
  4. Tambahkan sedikit air dan masukkan garam, gula, kaldu ayam bubuk serta kecap secukupnya. 
  5. Masak hingga daging sayap ayam benar-benar matang dan bumbu meresap ke dalamnya. 
  6. Angkat sayap ayam bumbu kecap dan segera sajikan di piring saji setelah matang. Taburkan irisan daun bawang di atasnya agar sajiannya semakin menarik.


Selengkapnya untuk bahan baku yang dipakai adalah sebagai berikut:
  • 10 buah sayap ayam (cuci bersih, goreng setengah matang)
  • Minyak goreng (secukupnya)
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang serai (memarkan)
  • 4 cm jahe (memarkan)
  • 4 cm lengkuas (memarkan)
  • 1 buah bawang bombay (iris halus tipis)
  • Air (secukupnya)


Sedangkan Bumbu Halus yang dipakai untuk masakan sayam ayam bumbu kecap lebih lengkapnya yaitu sebagai berikut:
  • Garam (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • 3 buah kemiri 
  • 7 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Kecap manis (secukupnya)
  • 20 buah cabai rawit 
  • 3 buah cabai merah besar (buang isi)

Nah, itulah resep membuat sayap ayam bumbu kecap pedas dan nikmat yang menggugah selera. Resepnya yang sangat mudah bukan? Selamat mencoba resep ini dan semoga keluarga di rumah suka.

Resep dan Bumbu Rahasia Steak Ayam Panggang Spesial

Resep Masakan Hari Ini | Resep Cara Membuat Steak AyamPanggang - Hai bunda, pernah ngerasain steak daging sapi? Jawabanya pasti sudah pernah dong yaa.. Lalu bagai mana kalu steak daging ayam, sudah pernah nyobain juga atau bahkan pernah membuatnya? Nah, kalau bunda belum pernah coba membuat steak ayam panggang maka artikel masakan ini pas banget untuk media belajar memasak bunda. Karena disini kami akan membahas secara tuntas, jelas dan transparan perihal resep rahasia steak ayam panggang spesial alarestoran ternama, sebut saja Restoran XYZ. hehe.

Setiap restoran tentu memiliki resep rahasia masakan masing-masing, beruntung banget di blog Resep hari ini akan membongkar resep bumbu rahasianya. Jadi jangan sia-siakan artikel masakan istimewa ini yaa.
Aneka Resep Steak Daging Ayam Panggang
Aneka Steak Daging Ayam Panggang

Untuk membuat Resep steak ayam panggang spesial ini kita memerlukan bahan-bahan dan bumbu steak sebagai persiapan pertama memasak. Adapun bumbu rahasia yang harus disiapkan adalah merica atau lada bubuk, saus tiram, saus steak, kaldu ayam dan lain-lain. Lebih jelasnya lihat resep berikut ini yaa..

Bahan Utama Steak :
  • Daging ayam fillet 250 gram, agar steak lebih lezat gunakan bagian dada
  • Jeruk nipis 1 buah
  • Garam secukupnya

Bahan untuk bumbu Steak Ayam:
  • Merica atau lada bubuk kurleb ½ sendok teh
  • Saus tiram kurleb 2 sendok makan
  • Garam dan gula pasir secukupnya

Bahan dan bumbu saus Steak Ayam Panggang:
  • Bawang putih 3 siung ukuran besar
  • Tepung jagung / maizena kurleb 2 sendok makan
  • Saus steak kira kira 3 sendok makan
  • Kaldu ayam sekitar 250 ml
  • Merica bubuk kurleb ½ sendok teh
  • Gula pasir dan garam secukupnya
  • Minyak sayur untuk menumis dan menggoreng

Bahan pelengkap Steak :
  • Wortel 1 buah, iris 
  • Buncis kurleb 100 gram
  • Kentang 2 buah ukuran sedang, rebus

Panduang dan Langkah Cara Membuat Steak Ayam Panggang Spesial:
  1. Langkah pertama cuci terlebih dahulu daging ayam untuk membuang kotoran yang masih menempel pada daging, setelah itu lumuri dengan perasan air jeruk nipis dan beri garam secukupnya, diamkan selama 20 menit agar meresap dalam celah-celah daging.
  2. Selanjutnya cuci daging fillet hingga bersih dan rendam lagi menggunakan air panas selama kurleb 15 menit. Cara ini berguna untuk menghilangkan bau amis / anyir padadaging ayam. Tiriskan.
  3. Lumuri daging ayam fillet tadi dengan saus tiram, merica bubuk, gula pasir dan juga garam secukupnya. Uleni daging tersebut supaya bumbunya meresap sempurna kedalam daging. Diamkan selama kurleb 15 menit.


* Proses pertama dalam membuat steak ayam panggang sudah selesai. Tinggal prosesselanjutnya yang perlu kita kerjakan. Sambil menunggu bumbu merasuk kedalam daging fillet, sekarang kita membuat sausnya terlebih dahulu.

Cara membuat Saus Steak Ayam Panggang Lezat:
  1. Pertama-tama cincang bawang putih kecil kecil sampai lembut.
  2. Selanjutnya siapkan alat masak seperti wajan, Lalu tumis bawang putih tersebut hingga harum.
  3. Jika sudah, tambahkan air kaldu secukupnya lalu aduk. Tambahkan tepung maizena dan saus steak masak sampai menjadi adonan kental ( Jika dirasa masih terlalu encer, bunda bisa menambahkan tepung maizena sedikit hingga mencapai kekentalan secukupnya).
  4. Sambil di aduk aduk tambahkan merica bubuk, gula pasir, dan garam secukupnya, aduk aduk secara perlahan ( Sampai di sini, cicipi dahulu). 

Menyiapkan bahan pelengkap steak ayam panggang UntukMempercantik penampilan:
  1. Kupas kentang yang sudah direbus terlebih dahulu, lalu potong potong kecil memanjang seperti sajian kentang goreng di KFC. Selanjutnya goreng sampai garing dan krispi.
  2. Potong-potong buncis dengan panjang antara 2 cm dan kupas wortel, potong dadu.
  3. Selanjutnya kukus buncis dan wortel setengah matang.
  4. Langkah membuat steak ayam panggang berikutnya adalah meyiapkan alat khusus pemanggangan. Panggang daging ayam fillet yang sudah dibumbui hingga matang, jangan lupa daging dibolak balik dan usahakan jangan sampai gosong.

Tahapan Cara Penyajian Masakan Steak Ayam Panggang yang Cantik dan Menarik :
  1. Siapkan piring khusus steak yang berbahan dasar baja.
  2. Letakkan daging ayam fillet panggang ukuran besar, kemudian lumuri daging bakar tersebut dengan saus steak yang tadi telah dibuat.
  3. Kemudian panaskan piring baja tadi hingga saus steak mendidih.
  4. Beri hiasan wartel, kentang goreng steak, dan buncis diatasnya.
  5. Sajikan Steak Ayam Panggang saat masih panas panas.

Bagaimana bunda, ternyata Resep dan bumbu Rahasia Steak Ayam Panggang cukup mudah juga ya. Cara membuat Steaknya juga tak sesulit yang kita bayangkan sebelumnya. Semoga resep ini bisa menginspirasi dan bisa diikuti ya bunda..

Resep Praktis Sate Usus Ayam Pedas Manis

Resep Masakan Hari Ini | Cara Membuat Sate Usus Ayam Pedas Manis yg Enak - Hallo buntik.. Kalau Buntik pernah menikmati kulineran di warung masakan Jawa, pernah tidak menemui salah satu kuliner dari jeroan ayam. khususnya sate usus ayam? Bagaimana bisa, sate yang notabene dibuat dari usus ayam bisa seenak itu. 
Resep Cara Membuat Sate Usus Ayam Pedas Manis yg Enak
Resep Praktis Sate Usus Ayam Pedas Manis
Hemm, tentu memerlukan cara khusus dan bumbu rahasia untuk membuat sate usus ini menjadi nikmat dan lezat. Ternyata, proses membuatnya tak serumit apa yang kita bayangkan lho bunda.. Bumbu yang dipakai juga sangat sederhana dan simpel, untuk lebih tahu resepnya bunda bisa lihat dan coba resep masakan sederhana berikut ini..

Bahan-bahan Sate Usus Ayam :


  • 250 gr usus ayam
  • 2 cm lengkuas, geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 600 ml air
  • 1/2 sdt gula merah
  • Tusuk Sate


Bumbu Halus Sate Usus Ayam :


  • 5 btr bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 50 gr cabai merah
  • 4 btr kemiri
  • 1 cm jahe
  • 1/4 sdt ketumbar


Cara Membuat Sate Usus Ayam yang Enak dan Lezat :


  1. Cuci bersih usus ayam, bilas berkali-kali tambahkan jeruk nipis. Rebus sebentar hingga air mendidih dan tiriskan. Atau lihat tipsnya disini.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan juga lengkuas dan daun salam. Aduk rata.
  3. Masukkan usus dan air serta bumbu-bumbu lainnya. Koreksi rasa
  4. Masak hingga bumbu meresap dan kuah habis. Atau hingga usus empuk.
  5. Aduk sebentar hingga bumbu agak kering.
  6. Setelah usus cukup dingin tusuk dengan tusuk sate. Siap disajikan

Sesederhana itukah resep membuat Sate Usus Ayam yang enak dan lezat? Yups, hanya sesedernaha itu... Baik bumbunya, dan bahan yang dipakai juga sangat sederhana. Masak Itu Asik! Jadi yukk terus masak bunda..!

Resep Daging Asap Asam Manis Pedas Spesial

Resep Hari Ini | Aneka Masakan Lauk-Pauk, Resep Daging Asap Asam Manis. Coba deh sesekali buat menu lauk pauk yang beda bunda, jangan melulu ayam goreng biar nggak bosen. 

Resep Daging Asap Asam Manis Pedas Spesial
Resep Bumbu dan Cara Memasak Daging Asap Asam Manis Pedas Spesial

Sebagai variasi menu, saya sarankan untuk mencoba Daging Asap Asam Manis ini untuk menu lauk pauk hidangan spesial makan malam bunda bersama keluarga. Dijamin enak deh! Cara memasaknya juga gampang banget kok, seperti ini resep dan cara memasaknya.. 

Bahan-bahan Masakan Daging Asap Asam Manis:

  • 350 gr daging sapi, potong balok kemudian rebus dalam air agar empuk
  • 100 gr kacang mede sangrai
  • bawang bombay cincang kasar


Bahan Bumbu Halus Untuk Daging Asap Asam Manis:

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 butir tomat
  • 4 buah cabe rawit
  • 2 buah cabe merah
  • gula merah secukupnya
  • garam secukupnya


Cara Membuat Hidangan Lezat Daging Asap Asam Manis:

  • Tumis bumbu halus dan bawang bombay hingga layu
  • Masukkan daging, tumis, tambahkan air dan biarkan bumbu meresap.
  • Masukkan kacang mede dan tumis hingga bumbu kental


Hidangkan bersama nasi panas dan taburi dengan bawang goreng supaya lebih sedap. Yummi.. Nyam.. Nyam...!

Resep Ayam Bakar Bumbu Rica-Rica Spesial Tahun Baru

Aneka Masakan Ayam | Resep Ayam Bakar Bumbu Rica-Rica - Pengen bikin ayam bakar super lezat bunda? Salah satu ayam bakar yang paling saya suka adalah ayam bakar bumbu rica-rica. Selain karena alasan bumbu ayam bakarnya simple dan gampang, rasa daging ayam yang dibakar juga nikmat abis karena bumbunya bisa meresap ke celah-celah dagingnya.. Hemm, Pokoknya MANTAP deh..!
Resep Ayam Bakar Bumbu Rica-Rica Spesial Tahun Baru
Resep Ayam Bakar Bumbu Rica-Rica Spesial Tahun Baru

Nah, kalau bunda pengen tau resep apa saja yang saya pakai dan bumbu-bumbunya apa saja, Yuk simak dan praktekin resep yang ada dibawah ini.. Semoga bunda setuju yaa dengan resepnya.. hehe

Bahan - Bahan Ayam Bakar:

  • 1 ekor ayam, potong 8 bagian
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 100 ml air

Bumbu Halus Untuk Ayam Bakar:

  • 6 buah cabai merah
  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 2 cm jahe
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Rica-rica yang Enak:

  1. Lumuri ayam dengan air jeruk dan garam, diamkan selama 1 jam
  2. Panaskan minyak, masukkan gula pasir. Masak sampai gula larut
  3. Masukkan bumbu halus, aduk sampai harum
  4. Masukkan ayam
  5. Setelah berubah warna, tuangkan air. Biarkan sampai bumbu meresap dan kuah mengental
  6. Bakar ayam di atas bara api sampai harum
  7. Sajikan dengan sisa bumbu

Yummi.. Nikmati ayam bakar buatan buda sambil bercengkerama bersama keluarga dan kerabat terdekat bunda.. Selamat masak dan bahagia bersama keluarga yaa..!

Share Yukk..! Resep Ayam Bakar Bumbu Mercon - Menu Spesial Malam Tahun Baru 2017

Resep Ayam Bakar Mercon - Ayam bakar adalah salah satu menu masakan yang nikmat disajikan untuk menikmati suasana malam tahun baru. Apalagi sebentar lagi kita akan memasuki tahun baru 2017. Hemm.. Momennya pas banget kalo kita ngadain ritual bakar-bakar ayam bareng temen-temen dan keluarga tercinta sembari menunggu pesta kembang api. Semoga saja pas malam tahun baru nanti tidak hujan yaa..? Hehe
Resep Ayam Bakar Bumbu Mercon
Resep Ayam Bakar Bumbu Mercon - Spesial Menu Masakan Tahun Baru 2017

Ngomongin soal bakar-bakar ayam, sudah punya resep ayam bakar andalan kamu yang enak dan lezat belum? Kalau belum, ada saran dari Resep Hariini yang wajib kamu coba. Coba deh buat masakan ayam bakar kamu lebih spesial dengan Resep Ayam Bakar Mercon Bumbu Sederhana berikut ini. Dijamin Enak deh..!

Bahan-Bahan Ayam Bakar Bumbu Mercon :

  • 500 gr daging ayam (bisa bagian sayap atau paha)
  • 8 btr bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 ons cabai rawit (bisa disesuaikan dengan selera)
  • 1 btg serai, digeprek
  • 1/2 sdt lada hitam bubuk
  • 2 sdm kecap asin
  • 2 sdm margarin
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1 buah gula jawa, diserut
  • 5 sdm minyak goreng
  • 2 liter air

Cara Membuat Ayam Bakar Mercon yang Enak dan Lezat:

  1. Cuci bersih daging ayam, tiriskan lalu rebus dengan 2 liter air sampai airnya menyusut. Air hasil rebusan bisa untuk air kaldu, jadi jangan dibuang.
  2. Ulek/haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit. Tambahkan sedikit minyak goreng biar cepat halus.
  3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dengan 2 sdm margarin. Masukkan serai, daging ayam, dan tuang air kaldu. 
  4. Masak dengan api sedang hingga air mendidih.
  5. Masukkan garam, gula, lada hitam, kaldu ayam, gula jawa, dan kecap asin.
  6. Masak sampai air menyusut. Angkat, dinginkan sejenak.
  7. Siapkan alat panggang, bakar hingga agak kecokelatan.


Akhirnya resep cara membuat ayam bakar mercon dengan bumbu sederhana diatas sudah selesai yaa.. Semoga malam tahun baru nanti lebih happy, dan Planning GOAL Tahun depan dapat terwujud yaa..! Happy Masak-Masak and Happy New Year..!

[ShareYuk!] Ini Nih, Rahasia Cara Membuat Ayam Goreng KFC Super Renyah. Resep Homemade Anti Gagal!

Aneka Menu Olahan Ayam | Resep Cara Membuat Ayam Goreng KFC - Siapa yang nggak suka ayam KFC, tentu sebagian besar dari ibu-ibu disini suka banget dengan menu ayam krispinya yang sangat renyah dan krenyes pecah ini kan.? Nah, apa sih resep rahasia KFC atau McDonald saat membuat ayam gorengnya kok bisa garing, krispi dan krenyes seperti itu? 
Resep Ayam Goreng KFC Super Renyah
Resep Rahasia Cara Membuat Ayam Goreng KFC Super Renyah
Ternyata, rahasia renyahnya ayam goreng krispi dari beberapa brand food ternama dunia seperti KFC, dan juga McDonald adalah terletak pada tepungnya. Selain tepung ayam goreng, yang tak kalah penting sebagai penunjang lain untuk berhasil atau tidaknya ayam goreng tepung renyah adalah teknik cara menggorengnya. 

Berikut ini akan kami beberkan secara jelas dan lengkap bagaimana cara membuat ayam goreng KFC atau ayam goreng tepung agar renyah krispi diluar dan gurih didalam, lengkap dengan bumbu dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Ayam goreng KFC. Seperti ini resep membuatnya:

Bahan-bahan Membuat Ayam KFC:

  • 1 kg daging ayam, potong-potong
  • 1/4 sdt bubuk cabe merah kering
  • 1 sdt bubuk bawang putih
  • 1 sdt lada halus
  • 1/2 sdt garam halus
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan Pelapis Kering:

  • 400 g tepung terigu tinggi protein
  • 100 g tepung maizena
  • 1 sdt bubuk kaldu instan rasa ayam
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1 sdt bubuk bawang putih
  • Bubuk cabai sesuai selera (optional jika pengen rasa ayam pedas)
  • 1/4 garam halus 

Bahan Pelapis Cair:

  • 300 g tepung terigu tinggi protein 
  • 40 g tepung maizena
  • 1 butir kuning telur
  • 1/2 sdt baking soda
  • 300 ml air es
  • 1/2 sdm susu bubuk
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1/2 sdt lada halus

Cara Membuat Ayam KFC:

  1. Cara Membuat Pelapis Cair: [a] Campurkan bahan2 seperti tepung maizena, tepung terigu, baking powder, susu bubuk, lada, garam dan vetsin(MSG/Penyedap rasa). Aduk rata. [b] Setelah itu, masukkan kuning telur dan air sedikit demi sedikit sembari campuran tepung di aduk sampai semua tercampur rata. [c] Kemudian simpan campuran tadi di dalam kulkas atau tempat yang memiliki suhu dingin.
  2. Cara Membuat Pelapis Kering: Campur semua bahan pelapis kering. Aduk sampai rata. Sisihkan.
  3. Bumbui potongan ayam dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih bubuk, lada, garam dan cabe merah bubuk. Aduk hingga rata. Diamkan sejenak hingga 15 menit agar bumbu meresap kedalam daging.
  4. Guling-gulingkan potongan ayam yang sudah dibumbui tadi ke dalam bahan pelapis kering sampai seluruhnya terselimuti tepung. Baru kemudian celupkan ke dalam bahan pelapis cair dan guling-gulingkan lagi ke dalam bahan pelapis kering sambil daging diremas-remas. Lakukan cara ini sampai 2 kali jika pengen daging ayam yang ekstra kriuk. 
  5. Panaskan minyak goreng kedalam wajan besar, lalu goreng ayam dengan jumlah minyak yang banyak dengan panas sedang dan stabil. Masak sampai ayam matang merata, berwarna kuning kecokelatan dan kering diluarnya. Angkat, tiriskan.

Ayam Goreng Tepung Kentucky buatan sendiri pun siap untuk dihidangkan bersama saus dan sambal. Yummi..!

Resep Masakan Rica-Rica Sayap Ayam Bumbu Pedas Super Lezat

Aneka Masakan Ayam Yang Enak - Waduh! Kalo membahas soal masakan rica-rica, pasti bikin perut keroncongan ya bund... Apalagi rica-ricanya dimasak pedes sedikit berkuah, hemm.. makin bikin nggak nahan deh. 
Resep Rica-Rica Sayap Ayam Bumbu Pedas Super Lezat
Resep Masakan Rica-Rica Sayap Ayam Bumbu Pedas Super Lezat

Ngomongin soal masakan rica-rica nih, kalau bunda punya sayap ayam didapur dan bingung mau dimasak apa yang enak dan lezat, mending dibikin rica-rica sayap ayam aja. Dijamin maknyuss deh! Jelas masakan ini sangat sederhana banget, resep dan bumbunya juga simple kok. Yuk coba resep sayap ayam yang disajikan dengan bumbu rica-rica ini bunda.. 

Bahan Sayap Ayam Rica-rica:

  • 500 gram sayap ayam
  • 1 batang daun bawang
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 buah jeruk nipis
  • garam dan gula secukupnya

Bumbu Rica-rica Halus:

  • 10 cabai rawit
  • 5 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 1 buah tomat
  • 1 sdt merica
  • 1 butir kemiri
  • 2 cm jahe

Cara Memasak Sayap Ayam Rica-rica Super Lezat:

  1. Potong sayap jadi dua dan bersihkan.
  2. Rendam sayap ayam dalam air panas selama kurang lebih 3 menit.
  3. Buang airnya dan tiriskan sayap ayam.
  4. Marinasi sayap ayam dengan jeruk nipis dan garam dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  5. Tumis semua bumbu halus dan tambahkan daun salam, daun jeruk, dan serai.
  6. Masak sampai harum lalu masukkan sayap ayam.
  7. Aduk rata dan beri sedikit air.
  8. Masak sampai air menyusut.
  9. Matikan api, sayap ayam siap disajikan.

Resep dan Cara Membuat Ayam Penyet Sambal Bawang yang Enak

Masakan Harian Aneka Resep Penyetan - Hai bunda.. Pernah nyoba bikin ayam penyet kalasan? Kalau belum pernah, bunda bisa coba resep cara membuat ayam penyet kalasan disini.  Ayam penyet kalasan umumnya memakai bumbu sambal limau untuk mengangkat citarasanya, sedikit beda dengan resep Ayam Penyet Sambal bawang. Ayam penyet ini lebih ke menonjolkan sambal bawang sebagai bumbu kudapanya, terkesan natural dan tradisional namun tetap menampilkan rasa yang lezat dan nikmat. Yuk coba resep Ayam Penyet Sambal bawang yang enak dan lezat berikut ini.
Resep Masakan Ayam Penyet Sambal Bawang Spesial
Resep Masakan Ayam Penyet Sambal Bawang Spesial

Bahan - Bahan Ayam Penyet:

  • 1 kg daging ayam 
  • Minyak goreng secukupnya
  • 2 sdt garam 
  • 1 sdm ketumbar  
  • 4 siung bawang putih 
  • 5 cm jahe memarkan
  • 5 cm lengkuas memarkan
  • 5 cm kunyit
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya

Bahan Sambal Bawang Ayam Penyet:

  • Garam secukupnya
  • Gula putih secukupnya
  • 4 siung bawang putih goreng hingga layu
  • 15 buah cabai rawit goreng hingga layu
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya, sedikit saja

Bahan Pelengkap

  • 1 buah mentimun buang kulitnya, iris tipis sesuai selera
  • Daun kemangi secukupnya
  • Bunga kol secukupnya
  • Kacang panjang secukupnya

Cara Membuat Ayam Peyet Sambal Bawang Yang Enak:

  1. Haluskan garam, ketumbar, bawang putih dan kunyit lalu tambahkan sedikit air.
  2. Masukkan gula dan kaldu ayam bubuk lalu masak bumbu ini bersama daging ayam. 
  3. Tambahkan jahe dan lengkuas yang sudah dimemarkan. 
  4. Masak kira-kira selama 30 menit sampai daging ayam matang. Usahakan untuk menutup wajan saat memasak ayam ini agar air di wajan tidak asat dan bumbu benar-benar meresap ke dalam daging ayam. 
  5. Jika sudah matang, angkat daging ayam lalu goreng dengan minyak panas hingga warnanya berubah menjadi kuning kecokelatan. 
  6. Sisihkan sebentar dan buat sambal.

Cara Membuat Sambal Bawang

  1. Siapkan cobek lalu masukkan cabai rawit dan bawang putih yang telah digoreng.
  2. Tambahkan garam, gula dan sedikit kaldu ayam lalu ulek sampai halus. 
  3. Jika sambal bawang sudah halus, penyet-penyet daging ayam di atas sambal. 
  4. Sajikan bersama nasi putih hangat dan lalapan pelengkap. 
  5. Ayam penyet sambal bawang pun siap untuk disantap bersama keluarga tercinta di rumah.

Resep Sate Ayam Khas Madura Cita Rasa Bumbu Istimewa

Masakan Harian Nusantara |Cara Membuat Sate Ayam Khas Madura - Sate madura memang sudah sangat populer bagi para pecinta kuliner di Indonesia. Bagaimana tidak, hampir diseantero Nusantara tersebar banyak sekali warung sate madura yang menjajakan kuliner lezat ini, bahkan kuliner khas ini juga sudah menjelajah hingga lintas negara lho.. 
Resep Sate Ayam Khas Madura Cita Rasa Bumbu Istimewa
Resep Sate Ayam Khas Madura Cita Rasa Bumbu Istimewa
Sate Ayam Madura identik dengan bumbu kacang sebagai bumbu utamanya, ini yang menjadikan sate ini khas. Kombinasi bumbu kacang dan daging ayamnya yang empuk membuat makanan ini menjadi nikmat dan lezat. Pengen tau apa saja bumbu sate Madura dan bagaimana cara membuatnya? Yuk simak resepnya berikut ini.

Bahan Baku Sate:

  • 1/2 ekor Ayam (dibuang kulit dan tulang dagingnya lalu dipotong dadu)
  • 5 sendok makan Kecap manis
  • 2 sendok makan Margarine (dilelehkan)
  • 2 buah Jeruk limau (optional)
  • Tusukan sate secukupnya

Bahan Bumbu Kacang Sate Ayam Madura:

  • 1/2 kilo kacang tanah
  • 5 butir Bawang merah
  • 3 siung Bawang putih
  • 4 buah Cabai merah
  • 2 butir Kemiri
  • Merica bubuk secukupnya
  • Garam Secukupnya
  • Kecap manis secukupnya

Bahan Pelengkap Sate Ayam Khas Madura:

  • Irisan tomat secukupnya
  • Irisan cabai rawit secukupnya
  • Irisan bawang merah secukupnya
  • Ketupat atau lontong secukupnya

Cara Membuat Bumbu Sate Madura:

  1. Siapkan wajan penggorengan yang sudah dikasih minyak goreng secukupnya. Lalu panaskan di atas api sedang sampai minyak gorengnya panas.
  2. Kemudian masukkan kacang tanah, lalu tambahkan air secukupnya ke dalam blender. Haluskan.
  3. Masukkan semua bahan bumbu kacang yang sudah dihaluskan seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan juga kemiri ke dalam wajan penggorengan. Tumis semua bahan tadi sampai tercium bau yang harum.
  4. Selanjutnya kacang yang sudah diblender tadi dimasukkan ke dalam wajan penggorengan berisi tumisan bumbu. Aduk dan biarkan hingga mendidih dan bumbu mengental.
  5. Jangan lupa tambahkan merica bubuk, garam, dan kecap manis. Lalu aduk lagi sampai tercampur secara merata dan angkat.

Cara membuat Sate Ayam Khas Madura:

  1. Cici potongan daging ayam hingga bersih, jika sudah lalu tiriskan.
  2. Setelah potongan daging ayam kering, tusuk potongan daging ayam menggunakan bambu tusuk sate, sisihkan.
  3. Siapkan wadah, lalu tuangkan kecap manis dan juga margarine kedalam wadah, aduk hingga kedua bahan tersebut tercampur merata.
  4. Oleskan campuran kecap dan margarine pada setiap tusukan sate ayam yang sudah dibuat tadi.
  5. Selanjutnya tinggan di proses panggang sate ayam di atas bara api sampai terlihat setengah matang, angkat sate ayam tersebut dan celupkan ke dalam bumbu kacang yang sudah dibuat sebelumnya.
  6. Panggang lagi sate ayamnya sampai matang secara sempurna dan berubah warna menjadi kecoklatan. Angkat dan letakkan sate ayam di atas piring saji.

Yummi..! Hidangkan sate ayam khas madura yang sudah selesai kita buat tadi bersama dengan bumbu kacang, dan biar rasanya makin enak dan lezat tambahkan perasan air jeruk limau. Untuk mempercantik tampilan sate maduranya kamu bisa menambahkan irisan tomat, irisan bawang merah, irisan cabai rawit, dan ketupat atau lontong. Hemmm Uenak bangettt! Nyam.. Nyam...!

Resep Ayam Goreng Saus Sambal Ulek Homemade (Pedasnya Nampol)

Aneka Masakan Lauk Pauk Hari Ini | Resep Ayam Goreng Sambal Ulek - Hai bunda.. Bunda pengen buat ayam goreng lezat yang lain dari biasanya? Bicara soal ayam goreng yang enak dan lain dari yang lain, coba bikin ayam goreng sambal ulek seperti ini yukk.. Dijamin nagih deh..! Resapan bumbu ayam goreng yang sempurna serta rasa pedasnya nampol abis bisa membuat ayam goreng ini sangat nikmat dan menggugah selera. 
Resep Ayam Goreng Saus Sambal Ulek
Resep Ayam Goreng Saus Sambal Ulek Homemade (Pedasnya Nampol)
Mau tau seperti apa resepnya dan bagaimana cara membuatnya? Yukk langsung eksekusi aja deh dengan standart resep masakan berikut ini. Atau bunda juga pengen coba Resep Ayam Bumbu Serai Khas Thailand.

Bahan-Bahan Ayam Goreng Saus Sambal Ulek :

  • 12 potong sayap ayam
  • lada secukupnya
  • garam secukupnya

Bahan Bumbu Saus Sambal Ulek :

  • 1 sdm minyak sayur
  • 3 siung bawang putih, dicincang
  • 2 sdm sambal ulek
  • 1 sdm gula
  • 1 sdm saus tiram
  • 1/2 sdm minyak wijen

Cara Membuat Ayam Goreng Saus Sambal Ulek :

  1. Lumuri daging ayam dengan lada dan garam secukupnya.
  2. Panaskan minyak, goreng ayam hingga matang, angkat dan tiriskan.
  3. Untuk sausnya, panaskan 1 sdm minyak sayur. 
  4. Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan sisa bahan saus lainnya. 
  5. Masak hingga agak mengental.
  6. Masukkan ayam goreng ke dalam wajah, aduk hingga tercampur dengan saus.
Yuk langsung eksekusi bikin Ayam Goreng Saus Sambal Ulek seperti ini. Selamat masak..! Yummyy..!

Resep Ayam Bumbu Serai Khas Thailand, Resepnya Ternyata Gampang!

Masakan Khas Thailand - Pernah coba masakan khas thailand yang satu ini bunda? Yups Ayam Bumbu Serai, masakan ini sangat populer di negara asalnya. Rasanya yang gurih dan nikmat menjadikan menu masakan ini melekat di lidah para penikmatnya.. 
Sebagai gambaran saja, masakan Ayam Bumbu Serai ini diolah kering atau goreng dengan kombinasi bumbu rempah yang khas. Tapi sebenarnya, untuk resep Ayam Bumbu Serai khas Thailand juga tak beda jauh dengan menu ayam goreng yang lain, hanya saja ada beberapa proses dan bumbu yang ditambahkan untuk memperkuat rasa gurihnya. Penasaran bagaimana cara membuat Ayam Bumbu Serai ini? Yuk ikuti step by step tutorial memasak berikut ini:

Bahan dan Bumbu Ayam Bumbu Serai :

  • 500 gr daging ayam, potong-potong
  • 10 lembar daun jeruk, buang punggung daunnya
  • 3 batang serai, potong-potong
  • 2 sdm kecap asin
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt lada hitam

Cara membuat Ayam Bumbu Serai :

  1. Ulek serai, garam dan lada hitam hingga halus dan serai hancur.
  2. Campur bumbu ulek dengan saus tiram, kecap asin, gula, daun jeruk dan tepung. Masukkan daging ayam dan biarkan terendam bumbu kurang lebih selama 30 menit.
  3. Goreng ayam dan bumbunya hingga matang. Angkat  dan tiriskan dari minyak (Biasanya bumbu lebih cepat matang)
Selesai sudah cara membuat masakan khas thailand-Ayam Bumbu Serai yang renyah dan garing. Tingga menikmati hasil masakan yang sudah kita buat tadi.. Nyam..Nyam.

Link Selanjutnya: Spesial Resep Praktis Kari Kambing Pedas Gurih Sederhana dan Resep Gulai Ikan kakap Ala Masakan Padang

RESEP CARA MEMBUAT AYAM GORENG UNTUK NASI UDUK

Gambar Ayam Goreng Spesial

RESEP CARA MEMBUAT AYAM GORENG (UNTUK NASI UDUK)


Ini nih bund, resep ayam goreng untuk pelengkap nasi uduk biar makin gurih dan nikmat.. Dengan sedikit campuran bumbu rempah mampu menghasilkan citarasa nasi uduk menjadi spesial... Dicoba yaaa... :)

Bahan:

  • 1 ekor ayam, potong 8 bagian
  • 200 ml air kelapa
  • 200 ml air
  • 1 sdt asam Jawa
  • minyak goreng

Bumbu, haluskan:

  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • ½ sdt jintan
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 sdt garam

Cara membuat:

  1. Rebus ayam bersama air kelapa, air, dan bumbu halus hingga bumbu meresap dan ayam lunak. Angkat.
  2. Tiriskan ayam, goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kuning kecokelatan dan kering. 
  3. Angkat dan tiriskan.

Resep Ayam goreng ini bisa untuk 6 orang

Resep Ceker Setan Super Pedasss Dilengkapi Cara Membuatnya

Gambar, Resep Cara Bikin Ceker Setan Pedas
Resep Ceker Setan Pedas
Resep Cara Bikin Ceker Setan Pedasss

Bagi bunda yang gemar makanan makanan serba pedas, pasti sudah nggak asing lagi dengan salah satu menu seperti ini kan yaa... Resep Kombinasi yang diracik sederhana dari bahan-bahan seperti cabe keriting merah dengan cabe rawit merah, begitu memberikan rasa kuah kental bumbu pedas yang mampu menggoyangkan lidah.

Selain itu, dapat juga memakai cabe kering atau jenis cabe lainnya untuk sensasi rasa pedasnya yang lebih super pedassss.  Cobain langsung yuk resep Ceker Setan yang Super Pedas..!!

Bahan:

  • 1 kg ceker ayam segar
  • 3 sendok teh garam
  • 2 batang serai, dimemarkan
  • 4 cm jahe, dimemarkan
  • 2 lembar daun pandan wangi
  • 4 lembar daun jeruk purut segar
  • 1 buah jeruk nipis, peras airnya
  • 400 ml air bersih

Bumbu Halus:

  • 8 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah
  • 6 cabe rawit
  • 1 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat:

  1. Pertama lumuri ceker ayam dengan garam dan diamkan selama 25 menit,  kemudian Goreng 1/2 matang, angkat lalu tiriskan.
  2. Masukkan bumbu halus, aduk sebentar dan masukan juga serai, daun  pandan, daun jeruk dan jahe hingga bumbu matang.
  3. Masukkan ceker ayam kedalam bumbu dan aduk rata.
  4. Tambahkan air dan kecilkan apinya kemudian Tutuplah wajan rapat-rapat.
  5. Masaklah hingga matang sambil sekali-kali diaduk, lalu angkat.
  6. Terakhir beri perasan air jeruk nipis dan aduk-aduk rata, masakan siap untuk disajikan 


Gimana dengan resep dan cara masak ceker setan pedas diatas? mudah banget atau sulit? Pasti kalo cuma baca resep doang kelihatan ribet, tapi kalo udah praktek langsung gampang banget kok bikinya... Happy Cooking bunda.. Yummi.!!

Resep Kebab Ayam Mayonaise Praktis dan Sederhana

Resep Cara Membuat Kebab Ayam Sederhana - Hai bunda.. Pengen masakan sehat tapi nggak mau ribet? Yuk coba resep kebab daging ayam mayonaise ini bun. Cara membuatnya simple banget, bumbu dan bahanya juga praktis banget. Cocok buat bunda yang nggak punya waktu buat masak-masak di dapur..

Resep Kebab Ayam Mayonaise Praktis dan Sederhana
Resep Kebab Ayam Mayonaise | Foto via selerasa.com

Bahan - Bahan:

  • 200 gr daging ayam
  • 10 bh tomat cherry
  • ½ bh Parika hijau
  • 10 bh kentang kecil
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica
  • 100g Mayonaise
  • 2 sdm madu
  • 2 sdt seledri cincang


Cara Membuat Kebab Ayam Sehat dan Praktis:
  1. Potong daging ayam dan paprika ukuran dadu besar ,sisihkan.
  2. Ambil sebuah wadah , masukkan ayam , kentang, tomat dan paprika hijau . Lalu tambahkan garam, merica bubuk dan 1 sdm mayonaise, aduk sampai rata.
  3. Tusukkan kedalam tusukan sate secara acak, baru panggang sampai matang selama 5 menit angkat, sisihkan
  4. Siapkan wadah , masukkan sisa mayonaise, madu dan seledri cincang aduk rata.
  5. Sajikan Kebab yang barusan dibuat.. Nyam.. Nyam.. 

RESEP KARI AYAM SEDERHANA

Resep Cara Membuat Kari Ayam Sederhana dan Enak - Resep ini merupakan resep masakan yang dibuat dari bahan ayam sebagai bahan dasar utamanya. Diolah dengan bahan aneka rempah-rempah khas Nusantara yang menjadikan masakan kari ini begitu lezat dan istimewa. 

Masakan kari ayam ini sangat cocok disajikan sebagai menu hidangan harian atau sebagai menu jamuan saat pesta dll. Pengen tau seperti apa resepnya dan bagai mana cara membuat kari ayamnya yang enak? Yuk simak resep sederhananya berikut ini bunda...

RESEP KARI AYAM SPESIAL
RESEP KARI AYAM SPESIAL 

Bahan dan bumbu kari ayam :


  • 750 gram daging ayam
  • ½ sdt bubuk kari
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1 sdm ketumbar bubuk
  • 500 ml santan cair
  • 5 butir cengkeh
  • 5 cm kayu manis
  • 3 butir kapulaga
  • 2 sdt gula pasir
  • 1½ sdt garam
  • minyak untuk menumis

Bumbu Kari yg di Haluskan:


  • 4 buah cabe rawit merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 10 cm kunyit
  • ½ sdt adas manis

Cara Membuat dan Memasak Kari Ayam Yang Enak:

  1. Daging ayam di potong-potong sesuai selera, cuci sampai bersih terus rendam dengan perasan air jeruk nipis selama kira2  15 menitan.
  2. Sementara itu, panaskan sedikit minyak goreng kedalam wajan, tumis bumbu halus, disusul dengan cengkeh, kayu manis dan juga kapulaga hingga wangi. Dilanjutkan masukkan potongan daging ayam dan aduk hingga merata.
  3. Kasih sedikit garam, gula pasir, merica bubuk, ketumbar bubuk, dan bubuk kari, Jangan lupa masukkan santan. Aduk kembali sampai rata dan masak hingga matang serta kuah mengental.
  4. Angkat dan Masakan Kari Ayam Spesial pun siap untuk disajikan.. Nyam.. Nyam... Nikmat..!

Resep Masakan Padang Ayam Pop

Resep Ayam Pop Khas Masakan Padang - Konon kabarnya ayam pop merupakan resep warisan masakan ayam khas Sumatera Barat. Benar saja, tercatat hingga saat ini ayam pop masih sangat populer dan sering dijumpai di Rumah Makan Padang dan Minang.

Soal resep dan bumbu yang digunakan untuk memasak ayam pop khas Padang ini sebenarnya ada beragam. Namun ada cara sederhana dan bumbu sederhana untuk membuat masakan ayam pop yang enak dan lezat. Berikut adalah resep yang bisa bunda coba dirumah..

Resep Ayam Pop
Masakan Ayam Pop by Tumblrcom


Bahan Baku:


  • 1 ekor ayam kampung
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 batang serai
  • 2 buah asam kandis
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 4 cm jahe digeprek
  • 4 cm lengkuas digeprek
  • 700 ml air kelapa
  • 1/2 sdt kaldu bubuk atau penyedap sesuai selera
  • minyak untuk menggoreng secukupnya


Bumbu Halus :

  • 4 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 6 butir kemiri
  • garam secukupnya

CARA MEMBUAT AYAM POP :

  1. Potong-potong daging ayam kampung menjadi beberapa bagian sesuai dgn selera dan cuci sampe bersih, atau lepas kulitnya lalu lumuri dengan air jeruk nipis dan diamkan selama 15 menit. Cuci bersih lagi baru kemudian lumuri dengan bumbu yang sudh dihaluskan, diamkan  selama 60 menit supaya bumbu meresap.
  2. Tuang air kelapa kedalam panci atau wajan lalu masukkan daun salam, daun jeruk, serai, asam kandis, jahe, lengkuas dan kaldu bubuk serta masukkan ayam yang sudah dilumuri bumbu tadi. Masak dengan diungkep (tutup) hingga kuah atau rebusan air kelapa hampir habis serta bumbu menyerap. Matikan api, angkat dan tiriskan.
  3. Panaskan minyak goreng kemudian goreng ayam sebentar saja hanya dicelupkan ke minyak yang sudah benar-benar panas. Celupkan bolak-balik lalu angkat dan tiriskan serta siap untuk disajikan bersama sambalnya.

Resep dan Cara Membuat Bumbu Sambal Yang Pas Untuk Masakan Ayam Pop

Bahan & Bumbu sambal Ayam Pop:


  • 8 buah cabe keriting merah
  • 5 buah cabe rawit merah
  • 1 buah tomat merah besar
  • 3 butir bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk atau penyedap sesuai selera
  • 1 sdt gula pasir
  • 50 ml air
  • air untuk merebus secukupnya
  • 2 sdm minyak untuk menumis


Cara Membuat Sambal Untuk Ayam Pop

  1. Rebus bahan-bahan sambal dengan air secukupnya hingga matang atau layu, kecuali garam, gula dan kaldu bubuk. 
  2. Angkat dan ulek hingga halus kemudian tumis dengan sedikit minyak panas hingga harum. 
  3. Tuang 50 ml air, garam, gula dan kaldu bubuk lalu aduk rata dan masak hingga mengental.

Resep Ayam Bungkus Saus Tiram Yang Gurih


Resep Masakan Lezat yang satu ini tidak bisa diragukan lagi soal rasa. Pasalnya, kombinasi masakan yang pas akan menghasilkan citarasa yang sempurna. Penasaran seperti apa resep Ayam Bungkus Saus Tiram Yang Lezat? Yuk langsung praktek..

Bahan dan Bumbu:


  • 2 sdm Saus Tiram 
  • 5 siung Bawang Putih 
  • 1/2 buah Bawang Bombay 
  • 100 gr Daging Ayam 
  • 150 gr Jamur Kancing 
  • 2 batang Daun Bawang 
  • 1 buah Wortel 
  • 1 1/2 sdt Merica 
  • 2 sdm Minyak Wijen 
  • Minyak Goreng secukupnya 
  • 25 lembar Kuliat Lumpia/Pangsit Kecil 
  • Daun Kucai secukupnya 


Cara Memasak:


  1. Panaskan minyak sayur, kemudian tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masuk wortel, tumis hingga cukup matang. 
  2. Selanjutnya tambahkan jamur, daun bawang, aduk dan sisihkan. 
  3. Panaskan minyak lagi, masukkan potongan daging ayam, lalu tumis hingga cukup kering. masukkan, merica bubuk, dan Saus Tiram, aduk rata. 
  4. Campurkan sayuran yang telah dimasak sebelumnya, aduk rata, lalu tambahkan minyak wijen, aduk kembali, sisihkan dan dinginkan. 
  5. Masukkan 1 sdm adonan ke dalam kulit lumpia, lalu bungkus dan ikat dengan daun kucai. Ulangi sampai adonan habis. Goreng hingga berwarna coklat keemasan, sajikan 

Resep Tumis Ayam Saus Jeruk Spesial Gurih dan Mantap

Resep Tumis Ayam Jeruk Spesial
Resep Tumis Ayam Jeruk Spesial
Resep dan Cara Membuat Tumis Ayam Saus Jeruk Spesial - Biasanya kalo memilih resep menu makanan buka puasa, lebih suka yang praktis, simpel dan menu yang bisa menggugah selera kan gaes..? Nah, salah satu menu masakan yang bisa kamu coba adalah tumis ayam saus jeruk. Selain resepnya mudah dibuat, menu ini juga memberikan sensasi asam manis yang menyegarkan dan pasti bisa menggugah selera deh...! Lebih lengkapnya, yuk lihat resep dan cara membuatmnya di bawah ini.

Bahan-Bahan
  • 700 g daging ayam, potong dadu
  • 1 1/2 sdm minyak canola
  • 70 cc + 2 sdm kaldu ayam
  • 2 siung bawang putih, dicincang
  • 3/4 sdt bubuk bawang bombay
  • 2 sdt zest jeruk (atau irisan kulit jeruk)
  • 100 cc air perasan jeruk
  • lada hitam bubuk
  • 1/4 sdt jahe parut kering
  • 2 sdm cuka
  • 3 sdm kecap
  • 3 sdm madu
  • 2 1/2 gula 
  • 2 sdm tepung maizena
  • daun bawang dan biji wijen sebagai taburan


Cara Membuat

1. Tumis daging ayam menggunakan minyak canola, tambahkan garam dan lada bubuk. Masak sampai daging ayam matang, sisihkan.

2. Untuk membuat sausnya, tumis terlebih dahulu bawang putih, matikan api. Tambahkan air perasan jeruk nipis, zest jeruk, 70 cc kaldu ayam,  bubuk bawang bombay, madu, kecap, gula,jahe, dan juga cuka. Tambahkan sedikit garam dan lada. Nyalakan api sedang. Selanjutnya, campurkan tepung maizena dengan 2 sdm kaldu ayam, lalu masukkan dalam campuran saus. Aduk-aduk hingga mendidih dan mengental. 

3. Masukkan potongan daging ayam yang sudah matang diatas, campurkan hingga rata dengan saus.

4. Menu Masakan Tumis ayam saus jeruk bisa dihidangkan dengan potongan daun bawang dan taburan biji wijen diatasnya. Yummi..!

Kalau kamu pengen rasa yang lebih pedas untuk resep menu buka puasa hari ini, kamu juga bisa kok menambahkan sendiri saus sambal atau cabai di masakan kamu. Selamat memasak, Ladies!

Resep Ayam Istimewa : Ayam Goreng Spesial Ala Korea

Resep Ayam Goreng Korea
Ayam Goreng Korea
Resep Cara Membuat Ayam Goreng Korea Yang Enak - Kamu suka makan ayam goreng gaes? Atau kamu pengen membuat sendiri menu masakan ayam goreng yang lebih istimewa dari biasanya? Yuk, coba bikin sendiri menu spesial ayam goreng saus pedas ala Korea atau dalam bahasa aslinya sering disebut yangnyeom super lezat ini. 

Dari segi tampilannya aja udah menggoda selera, hmm... membayangkan rasanya pun sudah bikin perut lapar gaes. Apalagi saat menyantapnya ya gaes? bikin merem melek pastinya, Hehe.. Udah deh, langsung aja praktek.. 


Bahan Bumbu Ayam Goreng Korea
  • 900 gram daging ayam 
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt jahe parut
  • 140 gram tepung kentang atau tepung maizena
  • minyak untuk menggoreng


Resep Bahan Saus Ayam Goreng Korea
  • 2 sdm bawang bombay cincang
  • 1 sdm bawang putih cincang
  • 1 sdt jahe parut
  • 1 sdm kecap manis
  • 2-3 sdm saus sambal super pedas
  • 4 sdm saus sambal biasa
  • 2 sdm gochujang (pasta cabai ala Korea)
  • 2 sdm madu
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 sdm minyak sayur
  • Bahan Garnish
  • 1/2 sdt biji wijen


Cara Membuat Ayam Gereng Korea

1. Cuci daging ayam sampe bersih lalu dicampur dengan garam, lada bubuk, serta jahe parut. Rendam ayam dan diamkan selama 20 hingga 30 menitan atau sampai bumbu meresap.

2. Nah, untuk cara membuat saus, panaskan saucepan memnggunakan api sedang. Masukkan minyak sayur diatas sucepan, tumis bawang bombay cincang, bawang putih cincang, dan juga jahe parut. Tumis semua bumbu hingga mengeluarkan bau harum. Tambahkan semua bahan untuk saus. Aduk perlahan hingga mengental sekitar 4-5 menit. Matikan api.

3. Baluti daging ayam menggunakan tepung kentang atau bisa juga tepung maizena. dan goreng sampai berwarna cokelat keemasan.

4. Agar ayam korea lebih krispy, goreng lagi daging ayam sampai benar2 matang sempurna. Setelah itu, panaskan lagi saus dengan api sedang. Masukkan ayam goreng dan aduk rata. Taburi biji wijen diatasnya dan ayam goreng siap dihidangkan.

Yummi, Sedapnya Resep Istimewa Ayam Goreng Korea siap untuk disantap saat perut lapar seperti ini..  

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *