Bumbu Sambal Asam Teri Khas Masakan Aceh

Resep Masakan Harian - Aceh memiliki beragam jenis kuliner yang nikmat, salah satu yang paling populer adalah Mie Aceh ( Resep Mie Aceh bisa kamu baca DISINI). Namun selain mie Aceh masih banyak masakan lezat yang patut dicoba, seperti resep Sambal Asam Teri Khas Masakan Aceh ini misalnya. Rasa dari Sambal teri Aceh ini beda dengan sambel teri pada umumnya, cenderung lebih segar dan nikmat.
resep terbaru Teri sunti, Sambal Sunti Teri, Tumis Terong Teri Asam Sunti. Samba batokok (sambal teri, sunti, rimbang)Teri tokok sunti khas aceh.
Bumbu Sambal Asam Teri Khas Masakan Aceh, resep terbaru Teri sunti, Sambal Sunti Teri, Tumis Terong Teri Asam Sunti. Samba batokok (sambal teri, sunti, rimbang)Teri tokok sunti khas aceh.

Langkah membuat Sambal Asam Teri Khas Aceh ini juga tidak sulit, bumbu dan bahan-bahan yang dipakai untuk memasak pun gampang kita jumpai di pasar atau warung terdekat. Untuk membuat Sambal Asam Teri Khas Masakan Aceh yang enak dan segar kita menggunakan bumbu seperti belimbing sayur untuk menciptakan rasa yg sedikit asam, daun jeruk dan bumbu dapur lain seperti biasa. Sedangkan ikan terinya kita menggunakan teri medan yang sudah kering. 

Nah, Agar lebih paham dan langsung bisa praktiks yuk langsung kita coba resep dan cara memasak Sambal Asam Teri Aceh seperti berikut ini..

Bahan dan Bumbu Sambal Asam Teri Khas Aceh
  • 5 buah cabe rawit
  • 3 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 5 lembar daun jeruk, buang tulangnya dan iris halus
  • 3 buah belimbing sayur ukuran sedang (kalau besar kurangi jadi 2 saja)
  • 50 gr teri medan kering, rendam sebentar dan goreng sampai kering


Cara Membuat Sambal Asam Teri Khas Aceh :
  1. Ulek cabe dan bawang (jangan sampai halus), kemudian masukkan belimbing sayur yang diiris (buang bagian tengah yang ada bijinya, ulek sampai sedikit hancur
  2. Masukkan teri dan daun jeruk, ulek sekenanya dan hidangkan. Jangan tambahkan garam karena teri biasanya sudah asin.
  3. Hidangkan segera dengan nasi hangat.

Tips memasak Sambal Asam Teri Khas Aceh:
  • Teri kering bisa diganti dengan 100 gr udang kupas yang sudah direbus terlebih dahulu.
  • Walaupun menggunakan cabe rawit  rasanya tidak terlalu pedas, jadi bila seleranya pedas, jumlah cabe rawit bisa ditambahkan sesuai selera.

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...