Tips Cara Membuat Telur Asin Sendiri di Rumah

Tips Cara Membuat Telur Asin Yang Enak dan Mudah - Pernah makan telur asin kan ladies? Biasanya, telur asin yang sering kita jumpai dibuat dari telur bebek. Meskipun beberapa diantaranya ada juga telur asin yang dibuat dari telur ayam.

Tips Cara Membuat Telur Asin Yang Enak

Emm.. Ngomong-ngomong, ada yang tau daerah yang paling banyak membuat telur asin dimana? Kalo kamu pernah jalan melewati jalur pantura, disana kamu pasti menemukan satu daerah yang banyak banget menjual telur asin. Ya, Tepatnya di daerah Kabupaten Brebes. Disana kamu akan menjumpai banyak sekali telur asin yang dijajakan dan dijual sebagai oleh-oleh khas Brebes di sepanjang jalan.

Sebenarnya, untuk menikmati telur asin nggak harus repot-repot beli jauh2 kok. Kamu bisa membuatnya sendiri dirumah, caranya pun gampang banget.

Nah, kalo kamu pengen tau gimana cara membuat telur asin yang mudah dan enak, berikut ini ada beberapa tips rahasia cara membuat telur asin yang enak tanpa ribet. Yuk simak tips dan caranya ladies..

Bahan:

  • 10 telur bebek (telur ayam juga bisa ) usahakan bahwa telur masih baru dan baik ya..
  • 500 gr garam (bebas, mau milih garam apa..) 
  • 1,5 liter air 
  • Wadah toples berbahan plastik yang ada tutupnya


Langkah Cara Membuat Telur Asin:

  1. Rendam telur terlebih dahulu kedalam air. Ini berfungsi untuk mengetahui apakah telur dalam kondisi baik atau tidak. Jika ada telur yang mengapung, itu tandanya telur tidak layak dipakai.
  2. Cuci telur menggunakan spon atau kain sampai kulitnya benar-benar bersih. 
  3. Gosok perlahan kulit telur menggunakan spon kasar atau bisa juga menggunakan amplas halus biar pori-pori telur dapat terbuka. Dan saat telur direndam dengan air garam, maka garam akan masuk dan meresap kedalam telur dengan sempurna. 
  4. Jika sudah selesai, masukkan telur bebek/telur ayam kedalam wadah toples dan susun dengan rapi. Tuangkan air yang sudah dicampur garam kedalam toples.
  5. Rendam telur asin ini minimal selama 12 hari. Agar rasa telur asin menjadi lebih enak dan lezat, rendamlah lebih lama lagi. Kira-kira direndam selama 3 minggu-an. 
  6. Setelah prosesi membuat telur asin selesai dan telur asin sudah jadi, kamu bisa merebus atau mengukus telur selama 1 jam agar telur matang sempurna. 


Nah.. Itulah tips rahasia dan cara mudah membuat telur asin sendiri di rumah. Gampang banget kan tipsnya? Kamu juga bisa membuatnya dengan menggunakan media tanah liat yang sudah di beri garam lho.. Caranya pun sekilas hampir sama seperti diatas.. Selamat mencoba..

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...